DAMPAK PROYEK PEMBANGUNAN PLTU TANJUNG JATI-B TERHADAP PELUANG KERJA (Studi kasus di Desa Tubanan Kembang Jepara)

MOH. SIFAK, 3001504001 (2006) DAMPAK PROYEK PEMBANGUNAN PLTU TANJUNG JATI-B TERHADAP PELUANG KERJA (Studi kasus di Desa Tubanan Kembang Jepara). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (DAMPAK PROYEK PEMBANGUNAN PLTU TANJUNG JATI-B TERHADAP PELUANG KERJA (Studi kasus di Desa Tubanan Kembang Jepara)) - Published Version
Download (256Kb)

    Abstract

    Moh. Sifak. 2006, Dampak Proyek Pembangunan PLTU Tanjung Jati-B terhadap Peluang Kerja. Tesis. Program Studi Pendidikan IPS. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang, Pembimbing I. Prof. Dr. H. Abu Su’ud, Pembimbing II. Dr. Wasino, M.Hum Pembangunan merupakan proses perubahan ke arah yang lebih baik, yang dapat memberikan perbedaan dari keadaan sebelumnya. Proyek pembangunan PLTU merupakan hal baru bagi masyarakat desa Tubanan yang sebagian besar bermatapencaharian sebagai petani dan nelayan. Masing-masing individu mempunyai perbedaan persepsi, awalnya biasa-biasa saja dan tidak ada perasaan bangga atau kecewa karena dampaknya akan merugikan. Hal ini karena belum begitu banyak atau bahkan tidak mengetahui sama sekali akan dampak atau pengaruhnya, terutama masyarakat usia produktif yang tidak memiliki ketrampilan atau keahlian. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui; (1) proses pelaksanaan Proyek Pembangunan PLTU Tanjung Jati-B di Desa Tubanan, (2) mengidentifikasi kondisi sosial ekonomi masyarakat Desa Tubanan sebelum adanya proyek pembangunan PLTU dan (3) ingin mencari informasi dan mendiskripsikan dampak proyek pembangunan PLTU terhadap peluang kerja dari tahun 1996 sampai denhgan tahun 2006 di Desa Tubanan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan harapan dapat diperoleh informasi yang lengkap, mendalam, dan sistematis. Data dikumpulkan dnegan tekhnik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data emlalui tahapan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Kriteria untuk menetapkan keabsahan data merujuk pada derajat kepercayaan, keteralihan, kebergantungan, dan kepastian. Langkah-langkah yang digunakan; pepanjangan keikutsertaan, triangulasi, pengecekan teman sejawat, dan kecukupan referensi. Informan penelitian ini adalah masyarakat desa Tubanan Kecamatan Kembang, Kabupaten Jepara. Hasil penelitian ditemukan bahwa Proyek Pembangunan PLTU Tanjung Jati-B telah menciptakan peluang kerja baru sebagai karyawan PLTU, tukang ojek dan membuka toko/warung makan. Adapun pekerjaan sambilan sebagai montir bengkel sepeda motor, cucian mobil dan tata rias/salon.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 06 Jun 2013 04:48
    Last Modified: 06 Jun 2013 04:48

    Actions (login required)

    View Item