PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENYIMAK FABEL DENGAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF DAN MULTIMEDIA KOMPUTER

Sari Nur Saptanti, 2101506009 (2008) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENYIMAK FABEL DENGAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF DAN MULTIMEDIA KOMPUTER. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN MENYIMAK FABEL DENGAN PEMBELAJARAN PRODUKTIF DAN MULTIMEDIA KOMPUTER) - Published Version
Download (1349Kb)

    Abstract

    Inovasi proses belajar-mengajar yang kreatif dan rekreatif adalah kunci pembinaan dan pengembangan bahasa Jawa di sekolah. Pengembangan media pembelajaran yang baik dengan didukung strategi yang tepat merupakan salah satu upaya pencapaian standar kompetensi yang ditetapkan. Salah satu kompetensi susastra Jawa kelas VII SMP adalah menyimak fabel. Model pembelajaran yang diterapkan pada kompetensi menyimak fabel ini adalah model pembelajaran produktif. Tujuan penelitian ini adalah (1) menyusun bahan ajar menjadi paket cakram padat pembelajaran menyimak dongeng fabel dengan pengembangan multimedia komputer sebagai sumber belajar alternatif; (2) meningkatkan motivasi siswa belajar bahasa Jawa sehingga membuat proses pembelajaran menjadi lebih menyenangkan; (3) meningkatkan kreativitas siswa dalam pembelajaran bahasa Jawa dengan model pembelajaran produktif. Penelitian pengembangan ini disusun dengan mereduksi desain penelitian Borg & Gall menjadi enam langkah, yaitu (1) analisis kebutuhan, (2) pemilihan topik yang sesuai dengan kebutuhan, (3) membuat garis besar isi media, (4) pembuatan multimedia pembelajaran, (5) validasi, evaluasi, dan revisi, (6) finalisasi. Subjek uji coba penelitian terdiri dari subjek uji coba teoretis dan empiris. Subjek uji coba teoretis terdiri dari dua orang ahli materi dan subjek uji coba presentasi terdiri dari satu orang ahli media. Subjek uji coba empiris terdiri dari 10 siswa dalam uji coba kelompok kecil dan kelompok besar terdiri dari kelas VII F dan kelas VII H. Objek uji coba adalah kualitas program pembelajaran menyimak dongeng fabel dengan multimedia komputer. Instrumen yang digunakan untuk menjaring data adalah angket, wawancara, dan tes. Alat pengumpul data yang berupa angket menggunakan skala linkert. Data yang diperoleh dianalisis dengan statistik deskriptif. Hasil uji coba penelitian adalah sebagai berikut. PMK yang dikembangkan menarik untuk pembelajaran di kelas secara klasikal maupun secara mandiri. PMK yang dikembangkan mampu meningkatkan motivasi belajar siswa. PMK yang dikembangkan berperan dalam mencapai prestasi siswa untuk pokok bahasan menyimak fabel dengan skor rata-rata 8,75 pada kelas VII F dengan tingkat ketuntasan 92%, dan 8,71 pada kelas VII H dengan tingkat ketuntasan 100%. Berdasarkan hasil dari validasi ahli materi, ahli media, uji kelompok kecil, dan uji kelompok besar program pembelajaran dalam bentuk cakram padat dapat digunakan dalam pembelajaran menyimak fabel. Jadi, dapat disimpulkan bahwa media ini layak untuk diseminasi sebagai salah satu strategi pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: kompetensi menyimak, model pembelajaran produktif, dan dongeng fabel
    Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
    L Education > L Education (General)
    Q Science > QA Mathematics > QA75 Electronic computers. Computer science
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 30 May 2013 04:49
    Last Modified: 30 May 2013 04:49

    Actions (login required)

    View Item