HUBUNGAN ANTARA ORGANISASI KONSEP DAN PRODUKSI TULIS BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 JAKENAN KABUPATEN PATI


SUHONO, 2101505008 (2007) HUBUNGAN ANTARA ORGANISASI KONSEP DAN PRODUKSI TULIS BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 JAKENAN KABUPATEN PATI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HUBUNGAN ANTARA ORGANISASI KONSEP  DAN PRODUKSI TULIS BAHASA INDONESIA  PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 JAKENAN KABUPATEN PATI]
Preview
PDF (HUBUNGAN ANTARA ORGANISASI KONSEP DAN PRODUKSI TULIS BAHASA INDONESIA PESERTA DIDIK KELAS IX SMP NEGERI 2 JAKENAN KABUPATEN PATI) - Published Version
Download (435kB) | Preview

Abstract

Peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Jakenan, Kabupaten Pati mengalami kesulitan memproduksi bahasa, baik lisan maupun tertulis. Diduga kekurangmampuan peserta didik dalam memproduksi tulisan disebabkan oleh kelemahan mengingat dan mengorganisasi konsep. Masalah penelitian ini adalah (1) Apakah antara jumlah konsep dan produksi tulis ada hubungan yang positif? (2) Apakah antara hubungan antarkonsep dan produksi tulis ada hubungan yang positif? (3) Apakah antara penyebaran konsep dan produksi tulis ada hubungan yang positif? (4) Apakah antara jumlah konsep, hubungan antarkonsep, penyebaran konsep dan produksi tulis ada hubungan yang positif? Tujuan penelitian ini untuk menguji signifikansi (1) hubungan antara jumlah konsep dan produksi tulis; (2) hubungan antara hubungan antarkonsep dan produksi tulis; (3) hubungan antara penyebaran konsep dan produksi tulis; dan (4) hubungan antara jumlah konsep, hubungan antarkonsep, penyebaran konsep dan produksi tulis bahasa Indonesia peserta didik kelas IX SMP Negeri 2 Jakenan, Kabupaten Pati. Penelitian ini menggunakan pendekatan psikolinguistik dengan rancangan noneksperimen. Data dikumpulkan dengan instrumen tes, yaitu tes organisasi konsep berbentuk diagram dan produksi tulis bahasa Indonesia. Data dianalisis dengan analisis korelasi dan regresi. Ukuran populasi penelitian ini adalah 233 organisasi konsep dan produksi tulis. Ukuran sampel sebanyak 47 ditentukan dengan teknik cluster proporsional. Berdasarkan analisis korelasi bivariat diperoleh r1 = 0,577, r2 = 0,604, dan r3 = 0,404. Berdasarkan analisis korelasi parsial diperoleh ry1.23 = 0,107, ry2.13 = 0,202, dan ry3.12 = 0,124. Setelah diuji keberartiannya diperoleh harga t hitung sebesar 0,718, 1,397, dan 0,835. Harga t hitung (0,718, 1,397, dan 0,835) < t tabel (1,68) pada taraf signifikansi 5%. Dengan demikian, antara jumlah konsep dan produksi tulis, antara hubungan antarkonsep dan produksi tulis, dan antara penyebaran konsep dan produksi tulis tidak ada hubungan positif. Berdasarkan analisis regresi ganda diperoleh nilai R = 0,618. Harga F hitung (8,853) > F tabel (2,82) pada tingkat signifikansi 5% sehingga antara jumlah konsep, hubungan antarkonsep, dan penyebaran konsep secara bersama-sama ada hubungan yang signifikan dengan produksi tulis. Koefisien regresi ganda ketiga subvariabel dalam variabel organisasi konsep tidak signifikan untuk meramalkan perubahan pada produksi tulis karena harga t hitung (X1 = 0,706, X2 = 1,355, dan X3 = 0,822) < t tabel (1,684) pada taraf signifikansi 5%. Berdasarkan hasil penelitian ini disampaikan saran: (1) pendidik perlu mengembangkan model pembelajaran dengan memanfaatkan organisasi konsep model spreading activation network, (2) peneliti lain dapat melakukan penelitian sejenis yang berkaitan dengan organisasi konsep dengan kekohesian dan kekoherensian karangan atau antara organisasi konsep dengan produksi bahasa lisan, dan (3) penulis buku pelajaran Bahasa Indonesia perlu memperluas wacana yang digunakan agar konsep yang dimiliki peserta didik bertambah. Implikasi hasil penelitian ini adalah terungkapnya peran penting pengorganisasian konsep dalam memori. Pendidik perlu mengelola pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia dengan memperkaya informasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: organisasi konsep dan produksi tulis
Subjects: P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia
L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Bahasa Indonesia, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 May 2013 08:42
Last Modified: 30 May 2013 08:42
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16936

Actions (login required)

View Item View Item