PENGGUNAAN KATA PENGHUBUNG DALAM PARAGRAF BAHASA INDONESIA KARYA SISWA SD DI KABUPATEN REMBANG
Suparnen, 2101504011 (2007) PENGGUNAAN KATA PENGHUBUNG DALAM PARAGRAF BAHASA INDONESIA KARYA SISWA SD DI KABUPATEN REMBANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGGUNAAN KATA PENGHUBUNG DALAM PARAGRAF BAHASA INDONESIA KARYA SISWA SD DI KABUPATEN REMBANG)
- Published Version
Download (441kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran keterampilan berbahasa harus sejalan dengan pembelajaran kebahasaan yang menjadi landasan keterampilan berbahasa tersebut. Sehubungan dengan itu, pembelajaran menyusun kalimat kompleks sering melibatkan penggunaan kata penghubung, menuntut siswa mengetahui makna dari tiap-tiap konsep kata, frasa, klausa, kalimat dan menghubungkannya secara logis sehingga menjadi proposisi yang benar. Cara menghubungkan konsep secara logis, dapat direalisasikan secara implisit yaitu dengan tanda / , / atau / ; /, dan secara ekplisit yaitu menggunakan kata penghubung secara nyata. Penelitian untuk penulisan tesis ini dibatasi pada pemecahan masalah (1) hubungan semantis apa sajakah yang dibangun oleh kata penghubung intrakalimat dalam paragraf karya siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang, (2) hubungan semantis apa sajakah yang dibangun oleh kata penghubung antarkalimat dalam paragraf karya siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang, dan (3) bagaimanakah kegalatan penggunaan kata penghubung dalam paragraf karya siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang. Tujuan penulisan tesis ini adalah (1) mendeskripsi hubungan semantis yang dibangun kata penghubung intrakalimat dalam paragraf karya siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang, (2) menjelaskan hubungan semantis yang dibangun kata penghubung antarkalimat dalam paragraf karya siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang, dan (3) mengidentifikasi kegalatan penggunaan kata penghubung dalam paragraf karya siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang. Manfaat yang dapat disumbangkan dari penelitian ini adalah deskripsi hubungan semantis kata penghubung intrakalimat dan antarkalimat dalam paragraf karya siswa kelas 6 SD di Rembang dan deskripsi kegalatan penggunaan kata penghubung dalam paragraf berbahasa Indonesia karya siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat digunakan sebagai bahan perbaikan pembelajaran kebahasaan. Sumber data penelitian ini adalah karangan siswa kelas 6 SD di Kabupaten Rembang yang diambil dari titik pengamatan secara purposive di wilayah urban, sub urban dan rural. Data penelitian ini berwujud (1) kalimat yang diduga mengandung kata penghubung intrakalimat (2) paragraf yang diduga mengandung kata penghubung antarkalimat, dan (3) kalimat dan paragraf yang diduga mengandung kegalatan penggunaan kata penghubung. Selanjutnya dilakukan pemilahan data-data yang telah tercatat dalam kartu data sesuai dengan klasifikasi data, yaitu penggunaan kata penghubung intrakalimat menurut klasifikasi hubungan semantisnya, penggunaan kata penghubung antarkalimat menurut klasifikasi hubungan semantisnya dan kegalatan penggunaan kata penghubung. Hasil analisis data menunjukkan hubungan semantis yang dibangun kata penghubung intrakalimat dalam paragraf karya siswa SD di Kabupaten Rembang meliputi: (1) hubungan koordinatif yang mencakupi hubungan makna penjumlahan yang menyatakan penambahan, menyatakan urutan waktu, menyatakan akibat, menyatakan pertentangan, menyatakan penguatan; hubungan makna perlawanan yang menyatakan penguatan, menyatakan implikasi, menyatakan perluasan; hubungan makna pemilihan, (2) hubungan subordinatif yang mencakupi hubungan makna waktu yang mencakupi batas waktu permulaan, kesamaan waktu, urutan waktu, batas akhir terjadinya peristiwa; hubungan makna syarat; hubungan makna tujuan; hubungan makna konsesif; hubungan makna perbandingan; hubungan makna penyebaban; hubungan makna akibat; hubungan makna cara; hubungan makna sangkalan; hubungan makna kenyataan; hubungan makna hasil; hubungan makna penjelasan; hubungan makna atributif. Hubungan semantis yang dibangun kata penghubung antarkalimat dalam paragraf karya siswa SD di Kabupaten Rembang meliputi: hubungan makna penambahan; hubungan makna penyebaban; hubungan makna perlawanan; hubungan makna urutan waktu; hubungan makna konsesif. Kegalatan penggunaan kata penghubung dalam paragraf karya siswa SD di Kabupaten Rembang berupai: redundansi, kesalahan penalaran dan kesalahan penulisan ejaan. Pembelajaran empat keterampilan berbahasa di SD perlu memperhatikan kemajuan pembelajaran kebahasaan (kosa kata dan tata bahasa) yang melandasi kemajuan empat keterampilan tersebut. Dengan ditemukan beberapa kegalatan dalam menciptakan hubungan semantis dapat dipertimbangkan pembelajaran mengedit di kelas 5 dan 6 SD.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | kata penghubung, paragraf, karya siswa |
Subjects: | P Language and Literature > PI Oriental languages and literatures > PI1 Indonesia L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | UNSPECIFIED |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 30 May 2013 08:38 |
Last Modified: | 30 May 2013 08:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16935 |
Actions (login required)
View Item |