PENGARUH POLA ASUH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SMA DON BOSKO SEMARANG


DEWI UMAYI, 1301504006 (2006) PENGARUH POLA ASUH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SMA DON BOSKO SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH POLA ASUH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA  SMA DON BOSKO SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH POLA ASUH DAN INTERAKSI SOSIAL TERHADAP KEMANDIRIAN SISWA SMA DON BOSKO SEMARANG) - Published Version
Download (401kB) | Preview

Abstract

Untuk mengembangkan sikap kemandiriran seorang anak, diperlukan metode atau cara yang tepat dalam pola asuh. Pemilihan metode atau pola asuh yang tepat akan mampu menimbulkan kemandirian seorang anak. Selain menggunakan metode atau cara juga perlu diciptakan suasana yang dapat mengatur dan menyediakan situasi yang baik dilingkungan keluarga, maupun di sekolah sehingga memungkinkan timbulnya persaingan dalam diri anak dengan jalan meningkatkan prestasi yang telah dicapainya. Hurlaock, E.B ( 1999:17-18 ) menyatakan ada tiga metode/cara pola asuh yaitu pola asuh otoriter, demokratis dan permisif. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan analisis kuantitatif, dengan pengumpulan data menggunakan kuesioner. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pola asuh orang tua dan interaksi sosial terhadap kemandirian siswa di SMA Don Bosko. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SMA Dosko Bosko dan sampel penelitian sebanyak 248 responden. Alat analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi ganda. Hasil penelitian dengan menggunakan analisis regresi menunjukkan bahwa nilai uji t hitung untuk pola asuh sebesar 2,052 (P<0,05). Interasksi sosial, hasil uji t hitung sebesar 5,488 (P<0,05).. Hal ini menunjukkan bahwa ada pengaruh secara parsial variabel pola asuh dan interaksi sosial. Nilai F sebesar 15,777 dengan taraf signifikansi sebesar 0.000; kecil dari 0,05 yang berarti pola asuh dan interaksi sosial berpengaruh secara bersama-sama terhadap kemandirian SMA DON BOSKO. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,799 atau menunjukan besarnya pengaruh kedua variabel tersebut terhadap kinerja sebesar 79,9 %.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pola asuh, Interaksi Sosial dan Kemandirian Siswa
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 May 2013 01:59
Last Modified: 30 May 2013 01:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16924

Actions (login required)

View Item View Item