PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN SISWA MEMANFAATKAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (Penelitian di SMP Negeri 1 Brebes)


ATIK SITI MARYAM, 1301502018 (2007) PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN SISWA MEMANFAATKAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (Penelitian di SMP Negeri 1 Brebes). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN SISWA MEMANFAATKAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (Penelitian di SMP Negeri 1 Brebes)]
Preview
PDF (PENGARUH PERSEPSI KUALITAS PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING TERHADAP KEPUASAN SISWA MEMANFAATKAN PELAYANAN BIMBINGAN KONSELING (Penelitian di SMP Negeri 1 Brebes)) - Published Version
Download (401kB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui (1) kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Brebes, (2) Tingkat kepuasan siswa memanfaatkan pelayananan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Brebes, (3) pengaruh kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling terhadap kepuasan siswa memanfaatkan pelayananan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Brebes, (4) pengaruh dimensi kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Brebes : kehandalan, daya tanggap, sikap dan perilaku, empati serta bukti fisik terhadap kepuasan siswa memanfaatkan pelayananan Bimbingan dan Konseling. Populasi penelitian sebanyak 480 siswa kelas VII dan VIII SMP Negeri 1 Brebes. Dengan menggunakan tabel Krejcie dengan taraf kesalahan 5% diperoleh ukuran sampel 214. Sampel diperoleh secara proporsional random sampling. Variabel yang diteliti meliputi kualitas pelayanan BK yang terdiri dari kehandalan, daya tanggap, sikap dan perilaku, empati serta bukti fisik sebagai variabel bebas, sedangkan kepuasan siswa sebagai variabel terikat. Data diperoleh melalui angket dan dianalisis menggunakan regresi ganda. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu tingkat persepsi kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Brebes tergolong baik terbukti dari 78,5% siswa memiliki persepsi yang baik terhadap kehandalan, sebanyak 82,71% siswa memiliki persepsi yang baik tentang daya tanggap pelayanan Bimbingan dan Konseling, sebanyak 68,69% siswa memiliki persepsi yang baik terhadap sikap dan perilaku konselor dalam pelayanan Bimbingan dan Konseling, sebanyak 69,6% siswa memiliki persepsi yang baik terhadap empati konselor dan sebanyak 78,50% siswa memiliki persepsi yang baik terhadap bukti fisik pelayanan Bimbingan dan Konseling. Tingkat kepuasan siswa SMP Negeri 1 Brebes memanfaatkan pelayanan Bimbingan dan Konseling tergolong baik, terbukti sebanyak 86,0% siswa merasa puas memanfaatkan pelayanan Bimbingan dan Konseling, hanya 5,6% yang cukup puas dan 8,4% kurang puas dalam memanfaatkan pelayanan Bimbingan dan Konseling. Hasil analisis regresi melaui uji simultan (uji F) diperoleh p value = 0,000 < 0,05, yang berarti bahwa kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling secara signifikan berpengaruh terhadap kepuasan siswa memanfaatkan pelayanan Bimbingan dan Konseling di SMP Negeri 1 Brebes yaitu sebesar 90,2%. Secara parsial kehandalan (reliability) berpengaruh terhadap kepuasan siswa memanfaatkan pelayanan Bimbingan Konseling di SMP Negeri 1 Brebes sebesar 15,46%, sedangkan daya daya tanggap (responsiveness) sebesar 29,95%, sikap dan perilaku sebesar 21,59%, empati (empathy) sebesar 13,85% dan bukti fisik sebesar 10,84%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa ada pengaruh persepsi kualitas pelayanan Bimbingan dan Konseling terhadap kepuasan siswa dalam memanfaatkan pelayanan Bimbingan dan Konseling. Kepuasan siswa pada bukti fisik paling rendah maka guru Pembimbing dan sekolah perlu meningkatkan kualitas sarana prasarana terutama ruang konseling yang nyaman dan aman serta memperbanyak alat ungkap masalah siswa. Daya tanggap memiliki pengaruh yang paling besar terhadap kepuasan siswa memanfaatkan pelayanan Bimbingan dan Konseling, oleh karena itu guru Pembimbing terus meningkatkan kesediaan waktu memberikan pelayanan, kecepatan membantu siswa memecahkan masalahnya, dan spontanitas dalam memberikan pelayanan Bimbingan dan Konseling pada siswa.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: kualitas, kepuasan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Bimbingan dan Konseling, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 May 2013 01:56
Last Modified: 30 May 2013 01:56
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16923

Actions (login required)

View Item View Item