PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PARTISIPASI GURU DALAM KKG (KELOMPOK KERJA GURU) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN PEKALONGAN UTARA KOTA PEKALONGAN


Tri Martiningsih, 1103506113 (2008) PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PARTISIPASI GURU DALAM KKG (KELOMPOK KERJA GURU) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN PEKALONGAN UTARA KOTA PEKALONGAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PARTISIPASI GURU DALAM KKG (KELOMPOK KERJA GURU) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD  DI KECAMATAN PEKALONGAN UTARA  KOTA PEKALONGAN]
Preview
PDF (PENGARUH SUPERVISI AKADEMIK DAN PARTISIPASI GURU DALAM KKG (KELOMPOK KERJA GURU) TERHADAP KOMPETENSI PROFESIONAL GURU SD DI KECAMATAN PEKALONGAN UTARA KOTA PEKALONGAN) - Published Version
Download (422kB) | Preview

Abstract

Kegiatan pembelajaran akan terlaksana dengan hasil yang maksimal jika pembelajaran tersebut dikelola oleh guru yang memiliki kompetensi profesional. Pembinaan profesi guru diduga dapat meningkatkan kompetensi profesional guru. Supervisi akademik yang dilakukan oleh kepala sekolah merupakan layanan bagi guru berupa bimbingan agar guru lebih profesional dalam melaksanakan pembelajaran. KKG adalah wadah pembinaan profesional bagi guru. Dengan berpartisipasi secara aktif dalam KKG maka guru memiliki kesempatan untuk saling bertukar informasi sekaligus memecahkan permasalahan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Analisis menggunakan statistik regresi tunggal dan regresi ganda. Populasinya adalah guru SD negeri di kecamatan Pekalongan Utara adalah 243 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik simple random sampling dan diperoleh sampel sejumlah 140 orang.. Variabel penelitian meliputi supervisi akademik (X1), partisipasi dalam KKG (X2), dan peningkatan kompetensi profesional guru (Y). Pengumpulan data dengan menggunakan angket Hasil penelitian menunjukkan adanya kontribusi supervisi akademik terhadap kompetensi profesional guru sebesar 0,192. Kontribusi partisipasi guru dalam KKG terhadap peningkatan kompetensi profesional guru sebesar 0,220. Secara bersama-sama supervisi akademik dan partisipasi guru dalam KKG memberi kontribusi terhadap kompetensi profesional guru sebesar 0,303 Kesimpulan dalam penelitian ini adalah: (1) semakin tinggi supervisi akademik akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi profesional guru; (2) Semakin tinggi partisipasi guru dalam KKG akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi profesional guru; (3) Semakin tinggi supervisi akademik dan partisipasi guru dalam KKG akan mengakibatkan semakin tinggi kompetensi profesional guru. Sarannya adalah (1) Bagi guru, perlu mengembangkan pola pikir positif tentang manfaat supervisi akademik sebagai upaya meningkatkan kualitas pembelajaran: (2)Guru juga perlu berpartisipasi secara aktif dalam kegiatan KKG sebagai wahana mengembangkan kompetensi profesionalnya. (3): Bagi kepala sekolah, hendaknya dapat lebih dekat dengan guru dan memberikan informasi bahwa supervisi akademik yang dilakukan bukan semata-mata sebuah penilaian, namun lebih pada upaya diskusi bersama dalam rangka meningkatkan kualitas pembelajaran

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kompetensi profesional, supervisi akademik, dan partisipasi KKG
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 May 2013 01:52
Last Modified: 30 May 2013 01:52
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16922

Actions (login required)

View Item View Item