PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN PEMALANG

SUTIKNO, 1103506068 (2008) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI DI KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (642Kb)

    Abstract

    Kinerja guru merupakan pekerjaan atau rangkaian kegiatan yang dilakukan seorang guru dalam tugas keguruannya, khususnya dalam: “menyusun pembelajaran, melaksanakan pembelajaran, menilai prestasi belajar, dan melaksanakan tindak lanjut hasil penilaian prestasi belajar peserta didik” yang semua itu akan berimplikasi kepada mutu output peserta didik. Kinerja guru menjadi sasaran utama dalam peningkatan mutu pendidikan secara umum. Oleh karena itu, peningkatan kinerja guru perlu mendapat perhatian yang serius dari berbagai pihak, dan upaya peningkatan faktor-faktor yang berkaitan dengan kinerja guru seperti kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten pemalang, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasioanal dengan populasi guru yang mengajar pada SMA Negeri di Kabupaten Pemalang sebanyak 300 orang guru, dan sampel diambil berdasarkan tabel Krechi sebanyak 169 orang guru dengan teknik simple proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh para guru yang menjadi sample penelitian, selanjutnya dianalis dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Kepemimpinan kepala sekolah berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru, yang berarti apabila kepemimpinan kepala sekolah meningkat, maka kinerja guru juga akan meningkat. Motivasi kerja guru berpengaruh secara psitif dan signifikan terhadap kinerja guru, yang berarti apabila motivasi kerja guru meningkat, maka kinerja guru juga akan meningkat. Kedua variabel independen berpengaruh secara positif dan signifikan terhadap kinerja guru, yang berarti apabila kepemimpinan kepala sekolah dan motivasi kerja guru secara bersama-sama meningkat, maka kinerja guru juga akan meningkat. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan kepada pihak yang berkompeten dibidang pendidikan, khususnya kepala Dinas Pendidikan, para pengawas, dan para kepala sekolah agar dapat mengambil kebijakan yang sesuai dengan kondisi yang dialami guru, khususnya kondisi guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang dalam rangka meningkatkan kinerjanya. Diharapkan pula hasil penelitian ini dapat memberikan informasi dalam mengembangkan teori-teori yang berkaitan dengan kepemimpinan kepala sekolah, motivasi kerja guru, dan kinerja guru.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: kepemimpinan, motivasi kerja, kinerja guru
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 29 May 2013 21:35
    Last Modified: 29 May 2013 21:35

    Actions (login required)

    View Item