PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG


SUNARCO, 1103506067 (2008) PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG]
Preview
PDF (PENGARUH PELAKSANAAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KECAMATAN TAMAN KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (645kB) | Preview

Abstract

Kinerja guru menjadi sorotan dari semua kalangan masyarakat karena guru dipandang sebagai ujung tombak bagi keberhasilan pendidikan Oleh karena itu, upaya untuk meningkatkannya perlu perhatian yang serius dari semua pihak, terutama instansi terkait. Penerapan Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah (MPMBS) menekankan pada pola manajemen yang melibatkan semua komponen sumber daya sekolah. Dengan keterlibatan semua komponen sumber daya sekolah diharapkan mampu meningkatkan tuntutan supervisi kepala sekolah yang handal dan kecerdasan emosional sehingga diharapkan berdampak kepada meningkatnya kinerja guru. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui mendeskripsikan, dan menganalisis: (1)Pengaruh supervisi kepala sekolah terhadap kinerja guru, (2)Pengaruh kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru, dan (3)Pengaruh supervisi kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru terhadap kinerja guru. Penelitian ini menggunakan pendekatan studi korelasioanal dengan populasi guru yang mengajar di SMP Negeri se Kecamatan Taman Kabupaten Pemalang sebanyak 131 orang, dan sampel diambil berdasarkan tabel krecjie dengan teknik simple random sampling sebanyak 98 orang. Variabel penelitian ini terdiri atas dua variabel bebas yaitu: supervisi kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru, dan satu variabel terikat yaitu: kinerja guru. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan alat kuesioner berstruktur. Hasil pengumpulan data selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis regresi sederhana dan regresi berganda dengan bantuan SPSS Versi 11. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) supervisi kepala sekolah mempengaruhi kinerja guru, sehingga supervis kepala sekolah baik kinerja guru akan semakain baik begitu sebaliknya(2) kecerdasan emosional guru mempengaruhi kinerja guru, kecerdasan emosional guru baik kinerja guru semakin baik begitu sebaliknya, (3) supervisi kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru secara bersama-sama mempengaruhi baik kinerja, supervis kepala sekolah dan kecerdasan emosional guru baik, kinerja guru akan semakin baik demikian sebaliknya. Hasil penelitian ini diharapkan sebagai masukan kepada pihak yang berkompeten di bidang pendidikan yang berimplikasi kepada kebijakan yang mampu meningkatkan kinerja guru, terutama melalui peningkatan supervisi kepala sekolah dan peningkatan kecerdasan emosional guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Supervisi, kecerdasan emosional, kinerja guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 30 May 2013 01:29
Last Modified: 30 May 2013 01:29
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16917

Actions (login required)

View Item View Item