KONTRIBUSI PROFESIONALISME GURU DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN BREBES

DARMANSYAH, 1103506056 (2008) KONTRIBUSI PROFESIONALISME GURU DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KONTRIBUSI PROFESIONALISME GURU DAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP KINERJA GURU SMP NEGERI DI KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (471Kb)

    Abstract

    Keberhasilan guru dalam proses pembelajaran sangat ditentukan oleh kinerja guru sebagai pendidik. Untuk itu kinerja guru memegang peranan penting dalam pencapaian tujuan pengajaran secara optimal. Meningkatkan kinerja guru bukanlah pekerjaan yang mudah. Dalam hal ini terdapat sejumlah aspek yang terkait baik yang melekat pada diri guru seperti: moral, kemampuan, pengalaman, dan motivasi maupun yang berada di luar guru seperti profesionalisme guru, kesejahteraan, iklim kerja, kepemimpinan kepala sekolah, gaji, kurikulum, sarana dan prasarana. Tanpa mengurangi peranan masing-masing aspek tersebut, kiranya aspek profesionalisme guru yang memerlukan keahlian, kemahiran, atau kecakapan yang memenuhi standar mutu atau norma tertentu dan kepemimpinan kepala sekolah sebagai pendidik, pemimpin, pendidik, supervisor, inovator dan motivator.merupakan aspek penting dalam meningkatkan kinerja mengajar guru Populasi dalam penelitian ini adalah guru SMP Negeri se- Kabupaten Brebes dengan jumlah sampel 289 orang guru. Data yang ada kemudian dianalisis secara kuantitatif dengan bantuan komputer program SPSS 15.00 for Windows, yang meliputi analisis deskripsi, uji analisis, korelasi dan analisis regresi sederhana serta regresi berganda. Secara deskriptif maka hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persentase profesionalisme guru (17,6%) dan kepemimpinan kepala sekolah (25,0%) . Melalui analisis regresi sederhana diketahui : (1) kontribusi kepemimpinan kepala sekolah (X1) terhadap kinerja guru (Y) adalah signifikan karena karena p=0,000 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikani 0,05 (5%), (2) pengaruh kepemipinan kepala sekolah (X2) terhadap kinerj guru (Y) adalah signifikan karena karena p=0,000 lebih kecil dibandingkan dengan taraf signifikani 0,05 (5%). Hasil analisis regresi berganda menunjukkan ada pengaruh yang signifikan profesionalisme guru dan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kinerja guru pada SMP Negeri di kabupaten brebes dengan koefisien determinasinya (R2) sebesar 0,413 atau 41,3%. Nilai F regresi sebesar 100,622 dengan signifikansi sebesar 0,000. Adapun persamaan bergandanya adalah: regresi Y’ = 5,180 + 0,393 X1 + 0,571 X2. Berdasarkan hasil penelitian ini maka kepada kepala sekolah dalam mengelola satuan pendidikan sebagai edudator, manajer, supervisor, leader, inovator, motivator dan profesionalisme guru yang meliputi komitmen, tanggung jawab, keterbukaan, orientasi terhadap reward, kemampuan guru dalam melaksanakan tugas selaku pendidik agar menjadi lebih baik untuk meningkatkan kinerja guru dalam menyusun, melaksanakan dan menilai pembelajaran di sekolah.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: kepemimpinan kepala sekolah, profesionalisme guru, kinerja guru
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 May 2013 23:02
    Last Modified: 28 May 2013 23:02

    Actions (login required)

    View Item