PENGARUH KEMANDIRIAN SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN PEMALANG

CHERISTIYANTO, 1103506055 (2008) PENGARUH KEMANDIRIAN SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN PEMALANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEMANDIRIAN SEKOLAH DAN MOTIVASI KERJA GURU TERHADAP KINERJA GURU DI SMA NEGERI KABUPATEN PEMALANG) - Published Version
Download (354Kb)

    Abstract

    Banyak factor yang dapat mempengaruhi kinerja dalam upaya mencapai tujuan pembelajaran SMA Negeri di Kabupaten Pemalang, diantaranya kemandirian sekolah dan motivasi kerja guru. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemandirian sekolah yang meliputi : kultur dan kebiasaan tata kerja, kemandirian sekolah factor fisik, factor financial, motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini 186 orang guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang. Teknik yang digunakan dalam pengambilan sampel dengan sampel sampling, data dikumpulkan dengan kuesioner yang dijawab oleh guru, selanjutnya dianalisis secara statistic dengan teknik korelasi dan regresi berganda dengan bantuan SPSS Versi 10. Berdasarkan analisis deskriptif menunjukkan bahwa Kemandirian sekolah SMA Negeri di Kabupaten Pemalang dapat digolongkan ke dalam sekolah yang mandiri. Hal ini dapat dibuktikan dari skor jawaban yang diberikan oleh responden penelitian yang masuk dalam kategori cukup mandiri sebanyak 10 responden, mandiri 74 responden, dan sangat mandiri 102 responden. Motivasi kerja guru di sekolah SMA Negeri di Kabupaten Pemalang dapat digolongkan ke dalam motivasi yang tinggi. Hal ini dapat dibuktikan dari skor jawaban yang diberikan oleh responden penelitian yang masuk dalam kategori tinggi sebanyak 75 responden dan sangat tinggi sebanyak 111 responden. Kinerja guru di sekolah SMA Negeri di Kabupaten Pemalang dapat digolongkan ke dalam kinerja yang sangat baik. Hal ini dapat dibuktikan dari skor jawaban yang diberikan oleh responden penelitian yang masuk dalam kategori baik sebanyak 65 responden dan sangat baik sebanyak 121 responden. Hasil analisis korelasi parsial menunjukkan bahwa ada pengaruh yang signifikan kemandirian sekolah terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang dengan koefisien korelasi sebesar 0,331 (P = 0,000). Ada pengaruh yang signifikan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang dengan koefisien korelasi sebesar 0,672 (P=0,000). Ada pengaruh yang signifikan secara simultan kemandirian sekolah dan motivasi kerja guru terhadap kinerja guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang dengan koefisien, korelasi berganda sebesar 0,793 dan koefisien determinasinya sebesar 62,9% dan pengaruh lain (residu) 9,1232.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Kemandirian Sekolah, Motivasi Kerja Guru, Kinerja Guru SMA Negeri di Kabupaten Pemalang
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 May 2013 22:59
    Last Modified: 28 May 2013 22:59

    Actions (login required)

    View Item