MANAJEMEN KELAS BERJALAN (RUNNING CLASS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semarang)

WIYONO, 1103506042 (2008) MANAJEMEN KELAS BERJALAN (RUNNING CLASS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semarang). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (MANAJEMEN KELAS BERJALAN (RUNNING CLASS) PADA MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA (Studi Kasus di Sekolah Menengah Pertama Negeri 3 Semarang)) - Published Version
Download (388Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah menyelidiki pelaksanaan manajemen pembelajaran sebagai dampak dari model kelas berjalan yang memusatkan pada masalah: (1) perencanaan, (2) pengorganisasian, (3) pelaksanaan, (4) Penilaian, dan (5) tindak lanjut pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus. Data dikumpulkan melalui wawancara, pengamatan, dan dokumen. Objek penelitian pada pembelajaran mata pelajaran Bahasa Indonesia kelas VII yang diampu oleh Sugeng Budiarto. Kesahihan data diperoleh dengan cara trianggulasi, derajat kepercayaan, dan penilaian sesama peneliti. Data diananlisis dengan (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran pada mata pelajaran Bahasa Indonesia telah menerapkan manajemen yang profesional. Hal ini terbukti adanya otoritas guru bahwa: dalam perencanaan dengan menyusun perangkat pembelajaran yang lebih matang dan persiapan sarana yang lebih lengkap, melakukan pengorganisasian dengan cara memetakan materi dan memberdayakan siswa dalam pembahasan, melaksanakan pembelajaran yang berpusat pada siswa, melakukan penilaian berbasis kelas secara individual baik di dalam maupun di luar jam pelajaran, dan melakukan tindak lanjut dengan mengadakan remedi bagi siswa yang belum tuntas serta pengayaan bagi yang sudah tuntas. Keotoritasan guru Bahasa Indonesia dalam proses pembelajaran memiliki keunikan dan kelebihan dari mata pelajaran yang lain. Hal ini diketahui dari penataan ruang kelas, keaktifan siswa dalam melakukan kegiatan, instrumen pembelajaran yang disediakan, dan penggunakan waktu di luar jam pelajaran. Dengan demikian kunci keberhasilan pada pembelajaran Bahasa Indonesia terletak pada otoritas guru dalam pembelajaran sebagai dampak dari model pembelajaran Kelas Berjalan. Disarankan kepada kepala sekolah untuk meningkatkan fungsi motivatornya agar pola pembelajaran Bahasa Indonesia dapat dicontoh oleh mata pelajaran yang lain, dan untuk pembelajaran Bahasa Indonesia terus meningkatkan kreatifitasnya sehingga dapat menciptakan pembelajaran yang tetap menarik dan menyenangkan bagi siswanya. Selain itu pihak sekolah agar meningkatkan sarana dan fasilitas pembelajaran yang dibutuhkan oleh setiap mata pelajaran.Kepercayaan guru ditingkatkan, sehingga setiap mata pelajaran mempunyai karakteristik masing-masing

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Kelas Berjalan, Manajemen Pembelajaran, Mata Pelajaran Bahasa Indonesia
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 May 2013 22:52
    Last Modified: 28 May 2013 22:52

    Actions (login required)

    View Item