Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang


Titi Nurjanah , 4401405570 (2009) Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang] PDF (Penerapan Strategi Pembelajaran Course Review Horay pada Materi Sistem Pencernaan Manusia terhadap Hasil Belajar Siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang) - Published Version
Download (787kB)

Abstract

Berdasarkan observasi di SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang, proses belajar mengajar berlangsung membosankan. Kegiatan pembelajaran di sekolah masih cenderung menggunakan metode ceramah, sehingga pembelajaran terkesan monoton dan kurang melibatkan siswa secara aktif. Hal ini mengakibatkan hasil belajar siswa belum tercapai secara maksimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan strategi pembelajaran course review horay pada materi sistem pencernaan manusia terhadap hasil belajar siswa SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang. Populasi dalam penelitian adalah siswa kelas XI IPA SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Sampel yang digunakan adalah kelas XI IPA 2 dan IPA 3 dengan teknik random sampling. Jenis penelitian ini adalah penelitian pre experimental dengan desain one shot case study. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah penerapan strategi pembelajaran course review horay. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar siswa kelas XI IPA SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang dan variabel kendalinya adalah hasil belajar siswa. Data yang diambil berupa hasil belajar siswa, aktivitas siswa, kinerja guru, angket tanggapan siswa dan angket tanggapan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, aktivitas siswa kelas XI IPA 2 97,14% dengan kriteria aktif dan kelas XI IPA 3 96,96% dengan kriteria aktif. Ratarata hasil belajar kelas IX IPA 2 mencapai 77 dengan ketuntasan 91,43% dan kelas XI IPA 3 mencapai 77,86 dengan ketuntasan 93,94%. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa strategi pembelajaran course review horay dapat diterapkan pada materi sistem pencernaan manusia di kelas XI IPA SMA Islam Sultan Agung 1 Semarang tahun ajaran 2008/2009. Hal ini ditunjukkan dengan hasil belajar siswa mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Course Review Horay, Sistem Pencernaan Manusia, Hasil Belajar.
Subjects: L Education > L Education (General)
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Biologi, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Apr 2011 03:07
Last Modified: 25 Apr 2015 04:31
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1691

Actions (login required)

View Item View Item