PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI GURU SEKOLAH-SEKOLAH YAYASAN SEKOLAH KRISTEN INDONESIA (YSKI) SEMARANG

Liliany Pitarto, 1103506025 (2008) PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI GURU SEKOLAH-SEKOLAH YAYASAN SEKOLAH KRISTEN INDONESIA (YSKI) SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN, BUDAYA ORGANISASI, DAN KOMPENSASI TERHADAP PENGEMBANGAN DIRI GURU SEKOLAH-SEKOLAH YAYASAN SEKOLAH KRISTEN INDONESIA (YSKI) SEMARANG) - Published Version
Download (837Kb)

    Abstract

    Pada jaman yang penuh kemajuan teknologi dan terjadi persaingan ketat antar sekolah dibutuhkan para guru yang mau terus belajar dan melakukan pengembangan diri untuk meningkatkan kualitas dirinya sehingga mampu meningkatkan empat kompetensi guru yaitu kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial, dan profesional. Keinginan guru untuk melakukan pengembangan diri antara lain dipengaruhi oleh faktor kepemimpinan, budaya organisasi dan kompensasi yang diterima oleh guru. Permasalahan yang akan diteliti adalah (1) Bagaimanakah pengembangan diri yang telah dilakukan oleh para guru, kepemimpinan kepala sekolah dengan wakil-akilnya, budaya organisasi, dan kompensasi yang diterima oleh guru di sekolah-sekolah Yayasan Sekolah Kristen Indonesia (YSKI) Semarang, (2) Sejauh mana pengaruh kepemimpinan, budaya organisasi, kompensasi terhadap pengembangan diri guru di sekolah-sekolah YSKI Semarang. Penelitian dirancang sebagai penelitian Ex Post Facto yaitu penelitian sesudah kejadian (studi penelusuran kembali), menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Sampel dalam penelitian 100 responden guru tetap yayasan yang tidak menjabat sebagai pimpinan dengan teknik stratified proportionate random sampling dengan menggunakan tabel Krejcie Hasil temuan penelitian setelah diolah dengan program SPSS 11.5 for Windows menunjukkan bahwa (1) Kepemimpinan berpengaruh positif terhadap pengembangan diri guru sekolah-sekolah YSKI Semarang, (2) Budaya organisasi berpengaruh positif terhadap pengembangan diri guru sekolah-sekolah YSKI Semarang, (3) Kompensasi berpengaruh positif terhadap pengembangan diri guru sekolah-sekolah YSKI Semarang ,(4) Kepemimpinan, budaya organisasi, kompensasi berpengaruh positif secara bersama-sama terhadap pengembangan diri guru sekolah-sekolah YSKI Semarang. Berdasarkan temuan tersebut disarankan kepada : (1) Pimpinan sekolah YSKI lebih mengoptimalkan perannya sebagai fasilitator dan motivator bagi guru untuk melakukan pengembangan diri, (2) Warga sekolah lebih mengembangkan budaya organisasi yang sudah baik menjadi lebih baik lagi, (3) Pengurus YSKI lebih memperhatikan kompensasi yang diterima guru-guru YSKI dan menambah alokasi dana untuk keperluan pengembangan diri guru-guru YSKI Semarang, (4) Guru meningkatkan pengembangan dirinya lebih maksimal

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, budaya organisasi, kompensasi, pengembangan diri guru.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 May 2013 22:43
    Last Modified: 28 May 2013 22:43

    Actions (login required)

    View Item