PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MAGELANG

Gatot Supriyadi, 1103505053 (2007) PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MAGELANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM PENERAPAN MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH DI SMA NEGERI 1 MAGELANG) - Published Version
Download (418Kb)

    Abstract

    Latar belakang penelitian ini adalah adanya kenyataan bahwa peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam penerapan MBS belum optimal. Salah satu upaya yang efektif untuk mendukung pelaksanaan MBS adalah memperdayakan peran kepemimpinanya. Oleh karena itu peran kepeminpinan Kepala Sekolah harus ditingkatkan sesuai tata nilai yang ideal. Fokus penelitian ini adalah peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam Manajemen Berbasis Sekolah di SMA Negeri 1 Magelang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif dengan pengamatan terhadap tiap-tiap aspek. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran kepemimpinan Kepala Sekolah dalam menerapkan manajemen berbasis sekolah di SMA Negeri 1 Magelang menunjukkan bahwa peran Kepala Sekolah selaku leader, manajer, dan sebagai pelayan pemakai hasil pendidikan telah sesuai dengan tata nilai yang ideal. Hal ini akan sangat menentukan keberhasilan dalam melaksanakan proses pembangunan pendidikan sesuai dengan visi dan misi yang telah ditetapkan. Penetapan tata nilai yang merupakan dasar sekaligus memberi arah bagi sikap dan perilaku Kepala Sekolah dalam menjalankan tugas sehari-hari, selain itu, tata nilai tersebut juga akan menyatukan hati dan pikiran dalam usaha mewujudkan visi dan misi. Nilai-nilai yang harus diperhatikan oleh Kepala Sekolah meliputi: (1) Input values yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan dalam rangka mencapai keunggulan yang meliputi: amanah, profesional, antusias, bertanggung jawab, kreatif, disiplin, peduli dan pembelajaran sepanjang hayat. (2) Process values yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan untuk mencapai dan mempertahankan kondisi yang diinginkan yaitu meliputi: visioner dan berwawasan, menjadi teladan, memotivasi mengilhami, memberdayaan, membudayakan, taat azas, koordinatif, dan bersiergi dalam rangka kerja tim serta akuntabel. (3) Output values yakni nilai-nilai yang harus diperhatikan oleh para stakeholders yaitu: produktif (efektif dan efesien), dapat dipercaya (andal), responsif dan aspiratif, antipatif dan inovatif serta demokratif, berkeadilan dan inklusif. Nilai masukan yang tepat akan mengantisipasi karakteristik Kepala Sekolah, nilai masukan selanjutnya akan menjalankan nilai proses dengan baik dalam manajemen organisasi sekolah untuk meningkatkan mutu. Selanjutnya nilai input dan nilai proses akan menghasilkan nilai keluaran yang akan memfokuskan pada hal-hal yang diharapkan dalam mencapai visi dan misi yang telah ditetapkan dengan lebih baik. Disarankan hendaknya Kepala Sekolah selalu memberikan contoh dan sosialisasi tentang tata nilai yang ideal kepada para staf dalam usaha mewujudkan visi dan misi.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan, Tata Nilai, Manajemen Berbasis Sekolah.
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 May 2013 22:22
    Last Modified: 28 May 2013 22:22

    Actions (login required)

    View Item