PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KOMPENSASI PADA KEDISIPLINAN GURU SD KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG


SUWARNO, 1103505036 (2007) PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KOMPENSASI PADA KEDISIPLINAN GURU SD KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KOMPENSASI PADA KEDISIPLINAN GURU SD  KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG]
Preview
PDF (PENGARUH KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, MOTIVASI BERPRESTASI, DAN KOMPENSASI PADA KEDISIPLINAN GURU SD KECAMATAN PRINGAPUS KABUPATEN SEMARANG) - Published Version
Download (633kB) | Preview

Abstract

Guru yang disiplin ditentukan oleh ketaatan pada peraturan yang berlaku di antaranya tertib datang dan pulang mengajar, tertib administrasi, patuh terhadap atasan dan bekerja dengan jujur, cermat, serta bersemangat. Kedisiplinan guru juga dipengaruhi oleh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi dan kompensasi yang diterima. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kompensasi terhadap kedisiplinan guru SD di Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang baik secara terpisah maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah guru SD se-Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang yang berjumlah 187orang, dengan sampel sebanyak 127 orang guru. Penetapan besarnya sampel dengan tabel Krejcie dengan teknik proportional random sampling. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh para guru, selanjutnya dianalisis statistik dengan teknik regresi ganda menggunakan komputer program SPSS versi 11.5 for Windows 2000. Secara deskriptif persentase hasil penelitian menunjukkan bahwa kepemimpinan kepala sekolah adalah baik dengan presentase 49,61%. Motivasi berprestasi tinggi dengan presentase 61,42%. Kompensassi yang diterima tergolong baik dengan presentase 34,65%. Sedangkan kedisiplinan guru adalah baik mencapai 53,54 %. Hasil analisis menunjukkan bahwa ada pengaruh positif dan signifikan kepemimpinan kepala sekolah terhadap kedisiplinan guru, dengan kontribusi 14,9%. Hal ini berarti bahwa bila kepemimpinan kepala sekolah baik maka kedisiplinan guru SD di Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang akan meningkat. Selanjutnya ada pengaruh positif dan signifikan motivasi berprestasi terhadap kedisiplinan guru, dengan kontribusi 9,7%. Hal ini berarti bahwa bila motivasi berprestasi tinggi maka kedisiplinan guru SD di Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang juga meningkat. Selanjutnya ada pengaruh positif dan signifikan kompensasi yang diterima terhadap kedisiplian guru, dengan kontribusi 7,8%. Hal ini berarti bahwa bila kompensasi yang dierima tinggi maka kedisiplinan guru SD di Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang juga meningkat. Ada pengaruh positif dan signifikan secara bersama-sama kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kompenasasi terhadap kedisiplinan guru sebesar 41,6%. Jadi semakin tinggi kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi dan kompensasi, maka semakin tinggi pula kedisiplinan guru SD di Kecamatan Pringapus Kabupaten Semarang. Saran yang diajukan : (1) kepala sekolah agar lebih meningkatkan kepemimpinannya, (2) motivasi guru perlu ditumbuhkan, (3) kompensasi yang diterima perlu mendapat perhatian, (4) kedisiplinan guru lebih ditingkatkan khususnya dalam melaksanakan pembelajaran.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Kepemimpinan kepala sekolah, motivasi berprestasi, kompnsasi, kedisiplinan guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 02:18
Last Modified: 29 May 2013 02:18
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16903

Actions (login required)

View Item View Item