PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG


Hidayatun, 1103505024 (2007) PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL  KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG ]
Preview
PDF (PENGARUH KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH DAN BUDAYA ORGANISASI TERHADAP KEPUASAN KERJA GURU MADRASAH IBTIDAIYAH KECAMATAN UNGARAN KABUPATEN SEMARANG ) - Published Version
Download (420kB) | Preview

Abstract

Kepuasan kerja guru merupakan faktor yang menentukan kinerja. Kepuasan kerja dipengaruhi oleh banyak faktor diantaranya manajemen, pekerjaan itu sendiri, rekan kerja, motivasi, budaya organisasi, supervisi, kompensasi, pengakuan, peluang untuk tumbuh, keamanan kerja, kondisi kerja dan banyak lagi faktor lainnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh keterampilan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi terhadap kepuasan kerja guru MI se-Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang, baik secara terpisah maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah guru MI se-Kecamatan Ungaran Kabupaten Semarang yang berjumlah 100 orang, dengan sample sebanyak 80 orang guru. Penetapan besarnya sampel dengan tabel Krejcie dan teknik proportional random sampling. Secara deskriptif persentase hasil penelitian menunjukkan bahwa keterampilan managerial kepala sekolah adalah baik dengan angka 42,4%. Budaya organisasi dalam kategori cukup baik dengan presentase 43,75%. Sedangkan kepuasan kerja guru adalah baik mencapai 46,25 %. Hasil analisis menunjukkan keterampilan manajerial kepala sekolah berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru, dengan kontribusi 17,05. Budaya organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru, dengan kontribusi 17,55%. Secara bersama-sama keterampilan manajerial kepala sekolah dan budaya organisasi berpengaruh terhadap kepuasan kerja guru sebesar 73,1%. Saran yang diajukan : (1) Untuk meningkatkan kepuasan kerja guru perlu ditingkatkan keterampilan manajerial kepala sekolah utamanya keterampilan teknis yang mencakup upaya membimbing guru dalam proses pembelajaran, serta dalam melaksanakan administrasi sekolah/ kelas. (2) Untuk meningkatkan kepuasan kerja guru perlu diperhatikan kesesuaian guru dengan bidang yang diajarkannya. Guru perlu diberi kesadaran untuk lebih mencintai pekerjaan sebagai guru.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: keterampilan manajerial kepala sekolah, budaya organisasi, kepuasan kerja
Subjects: L Education > L Education (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 02:11
Last Modified: 29 May 2013 02:11
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16902

Actions (login required)

View Item View Item