KEYAKINAN TUGAS GURU DAN PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU SD NEGERI DI KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES


A. SYAEFULLAH, 1103504078 (2006) KEYAKINAN TUGAS GURU DAN PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU SD NEGERI DI KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KEYAKINAN  TUGAS   GURU   DAN  PERAN   KEPEMIMPINAN   KEPALA  SEKOLAH  TERHADAP  MOTIVASI  BERPRESTASI GURU SD NEGERI  DI  KECAMATAN  WANASARI   KABUPATEN  BREBES]
Preview
PDF (KEYAKINAN TUGAS GURU DAN PERAN KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH TERHADAP MOTIVASI BERPRESTASI GURU SD NEGERI DI KECAMATAN WANASARI KABUPATEN BREBES) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah (1) Untuk mengetahui apakah keyakinan tugas guru memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi guru SD Negeri di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes ; (2) Untuk mengetahui apakah peran kepemimpinan memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi guru SD Negeri di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes ; (3) Untuk mengetahui apakah keyakinan tugas guru dan peran kepemimpinan Kepala Sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi guru SD Negeri di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan non eksperimen atau survey, waktu penelitian dari tanggal 1 Juni sampai dengan 30 Juli 2006, tempat penelitian di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Populasi dalam penelitian ini adalah guru SD Negeri di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, dengan jumlah sampel 133 responden diambil secara Proportionate Stratified Random Sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa kuesioner. Kesahihan instrumen penelitian diuji dengan uji validitas ( analisis validitas butir) dan uji reliabilitas (Alpha Cronbach), pengumpulan data dilakukan dengan angket. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif (mean, modus, median, range, simpangan baku, varians, distribusi frekeunsi dan histogram) dan analisis inferensial dengan Koefisien Korelasi dan Regresi Linier Sederhana dan Ganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Keyakinan tugas guru memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi guru SD Negeri di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi (rx1y) = 0,330, koefisien determinasi (r2) = 0,109 atau 10,90 % dan persamaan regresi linier sederhana Y = 80,387 + 0,315 X1 ; (2) Peran kepemimpinan Kepala Sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi guru SD Negeri di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes. Hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi (rx2y) = 0,393, koefisien determinasi (r2) = 0,154 atau 15,40 % dan persamaan regresi linier sederhana Y = 84,225 + 0,292 X2 ; (3) Keyakinan tugas guru dan peran kepemimpinan Kepala Sekolah memberikan pengaruh yang positif dan signifikan terhadap motivasi berprestasi guru SD Negeri di Kecamatan Wanasari Kabupaten Brebes, hal ini dibuktikan dengan koefisien korelasi ganda (R) = 0,42, koefisien determinasi (r2) = 0,177 atau 17,70 % dan persamaan regresi linier ganda Y = 70,932 + 0,226 X1 + 0,166 X2. Disarankan bahwa : (1) Para Kepala Sekolah hendaknya senantiasa meningkatkan peran kepemimpinannya, sehingga dapat meningkatkan keyakinan tugas guru; (2) Untuk meningkatkan motivasi berprestasi guru, hendaknya para guru senantiasa meningkatkan profesionalismenya; (3) Para akademisi dan peneliti untuk melakukan pengkajian lanjutan terhadap faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi berprestasi guru

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keyakinan Tugas guru, Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah, Motivasi Berprestasi.Guru
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 29 May 2013 02:01
Last Modified: 29 May 2013 02:01
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16900

Actions (login required)

View Item View Item