PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH YANG DIMILIKI OLEH ANGGOTA KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA KOMITE SEKOLAH DI SMA KOTA DAN KABUPATEN MAGELANG


Pandoyo , 1103504054 (2007) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH YANG DIMILIKI OLEH ANGGOTA KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA KOMITE SEKOLAH DI SMA KOTA DAN KABUPATEN MAGELANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH  YANG  DIMILIKI OLEH ANGGOTA KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA KOMITE SEKOLAH DI SMA KOTA DAN KABUPATEN MAGELANG]
Preview
PDF (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN PENGETAHUAN TENTANG MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH YANG DIMILIKI OLEH ANGGOTA KOMITE SEKOLAH TERHADAP KINERJA KOMITE SEKOLAH DI SMA KOTA DAN KABUPATEN MAGELANG) - Published Version
Download (395kB) | Preview

Abstract

Kinerja komite sekolah menjadi salah satu faktor penting bagi keberhasilan pelaksanaan MBS di sekolah. Oleh karena itu perlu dilihat bagaimana kinerja komite sekolah yang telah dibentuk dan apakah kinerja ini dipengaruhi oleh tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah. Masalah untuk penelitian ini adalah sebagai berikut: 1) bagaimana hubungan antara tingkat pendidikan dan pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah dengan kinerja komite sekolah? 2) bagaimana hubungan antara tingkat pendidikan dan kinerja komite sekolah jika pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah dikendalikan? 3) bagaimana hubungan antara pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah dan kinerja komite sekolah jika tingkat pendidikan dikendalikan? Metode yang digunakan adalah metode deskriptif, jenis penelitian survai. Data penelitian berupa tingkat pendidikan, nilai pengetahuan subjek tentang MBS dan kinerja komite sekolah. Instrumen pengambil data terdiri atas angket dan tes objektif. Data dianalisis dengan menggunakan regresi ganda (dua prediktor). Hasil penelitian menunjukkan: 1) ada hubungan yang signifikan antara tingkat pendidikan anggota Komite Sekolah dan Pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah dengan Kinerja komite sekolah . Harga koefisien korelasi ganda, R = 0,909, R2 = 0,827, dan persamaan linear , 2) ada hubungan yang signifikan antara pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah dan kinerja komite sekolah jika pendidikan dikendalikan, harga koefisien korelasi parsial (r) = 0,909 dengan P = 0,000 (P<α), atau pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah mempengaruhi kinerja komite sekolah, 3) tidak ada hubungan yang bermakna antara pendidikan dan kinerja komite sekolah jika pengetahuan tentang MBS yang dimiliki anggota Komite Sekolah dikendalikan, harga koefisien korelasi (r) = 0,205 dengan P = 0,076 (P>α). Berdasarkan kesimpulan dapat disarankan beberapa hal antara lain: Anggota Komite Sekolah perlu dipilih dari orang-orang yang benar-benar mengetahui mengenai Manajemen Berbasis Sekolah. Pihak sekolah maupun dinas perlu melakukan sosialisasi secara mendalam baik mengenai MBS secara luas maupun khusus pada komite sekolah, Anggota Komite Sekolah yang sedang menjalankan tugas hendaknya selalu meningkatkan pengetahuannya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Manjemen Berbasis Sekolah, Komite Sekolah, kinerja, tingkat pendidikan, pengetahuan
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: UNSPECIFIED
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 09:06
Last Modified: 28 May 2013 09:06
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16896

Actions (login required)

View Item View Item