PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA KRISTEN DI KABUPATEN PATI DAN JEPARA
DAUD SUYOTO HADI, 1103504041 (2006) PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA KRISTEN DI KABUPATEN PATI DAN JEPARA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH GAYA KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH, KOMPENSASI, DAN LINGKUNGAN KERJA TERHADAP KINERJA GURU SMA KRISTEN DI KABUPATEN PATI DAN JEPARA)
- Published Version
Download (334kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuktikan signifikan tidaknya pengaruh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah, kompensasi dan lingkungan kerja terhadap kinerja guru baik secara parsial maupun bersama-sama. Populasi dalam penelitian ini adalah semua guru SMA Kristen di wilayah Kabupaten Pati dan Jepara yang berjumlah 80 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian menggunakan instrumen angket yang telah teruji validitas reliabilitasnya, dan juga telah teruji melalui uji prasyarat analisis yaitu uji normalitas, uji homogenitas, dan uji multikolinieritas. Data dari masing-masing variabel penelitian diungkap berdasarkan persepsi guru. Teknik analisis data menerapkan pendekatan kuantitatif melalui statistik deksriptif dengan teknik analisis regresi dan korelasi sederhana serta analisis regresi dan korelasi ganda dengan bantuan komputer pengolah data dengan program SPSS versi 10.01 for Windows. Berdasarkan hasil analisis menunjukkan bahwa : (1) gaya kepemimpinan Kepala Sekolah termasuk dalam kategori cukup baik yaitu 29,87 %, (2) kompensasi guru termasuk kategori cukup baik yaitu 36, 36 %, (3) lingkungan kerja kategori baik 35,06 % dan (4) kinerja guru kategori cukup baik yaitu 36,36 %, (5) ada pengaruh yang positif dan signifikan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah terhadap kinerja guru ditandai t hitung 3,555 > t tabel 1,98 atau tingkat signifikansi () 0,001 < 0,05, (6) ada pengaruh positif dan signifikan kompensasi terhadap kinerja guru didukung t hitung 2,895 > t tabel 1,98 atau tingkat signifikansi 0,010 < 0,05, (7) ada pengaruh positif dan signifikan lingkungan kerja terhadap kinerja guru didukung t hitung 3,211 > t tabel 1,98 atau tingkat signifikansi 0,002 < 0,05, (8) ada pengaruh positif dan signifikan gaya kepemimpinan Kepala Sekolah, kompensasi dan lingkungan kerja secara bersama-sama terhadap kinerja guru yang ditandai hasil uji F test nilai F hitung 28,105 > F tabel 2,74 atau tingkat signifikansi 0,000 < 0,05, (9) besarnya varians kinerja guru yang dipengaruhi oleh gaya kepemimpinan Kepala Sekolah, kompensasi dan lingkungan kerja adalah 66,3 % sisanya 33,7 % dipengaruhi oleh sebab-sebab yang lain. Saran yang diajukan : (1) Kepala Sekolah sebagai pemimpin agar mampu menerapkan tipe atau gaya kepemimpinan yang tepat sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan guru, (2) Kepala Sekolah agar mampu menciptakan dan mengkondisikan lingkungan kerja yang kondusif di sekolah sehingga guru merasa tenang, aman dan nyaman dalam menjalankan tugas dan tanggung jawab profesionalnya, (3) Pengurus Yayasan sebagai penyelenggara sekolah mampu menerapkan fungsi dan peranannya secara tepat serta memiliki kepedulian yang tinggi terhadap pengembangan dan kemajuan sekolah meliputi : penyediaan sarana prasarana, penyediaan dana, pengelolaan anggaran yang bertanggung jawab dan memperhatikan peningkatan kesejahteraan guru melalui pemberian kompensasi yang layak adil dan memadai, (4) para guru agar selalu meningkatkan kemampuan profesionalnya sesuai dengan kemajuan dan perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi, (5) bagi peneliti lain yang berminat dengan topik yang serupa disarankan mengadakan penelitian dengan memperhatikan variabel lain sebagai variabel bebasnya seperti : manajemen yayasan, iklim organisasi, fasilitas, keahlian atau keterampilan, karena diduga variabel-variabel dimaksud berkorelasi dengan kinerja guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | gaya kepemimpinan, kompensasi, lingkungan kerja, kinerja guru |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2013 09:02 |
Last Modified: | 28 May 2013 09:02 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16895 |
Actions (login required)
View Item |