IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (Case Study Pelaksanaan Proses Pembelajaran di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening, Salatiga)


Moh. Hasim, 1103504040 (2007) IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (Case Study Pelaksanaan Proses Pembelajaran di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening, Salatiga). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT   (Case Study Pelaksanaan Proses Pembelajaran di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening, Salatiga)]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PENDIDIKAN BERBASIS MASYARAKAT (Case Study Pelaksanaan Proses Pembelajaran di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Kalibening, Salatiga)) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Penelitian Implementasi Pendidikan Berbasis Masyarakat (Case Study : Pelaksanaan Proses Pembelajaran di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah Desa Kalibening Salatiga dilatarbekangi oleh peran postif masyarakat Desa Kalibening dalam memberdayakan potensi desa untuk menyediakan layaan pendidikan bagi masyarakat secara mandiri. Ditengah mahalnya biaya dan merosotnya mutu pendidikan di Indonesia, masyarakat Desa Kalibening secara bersama-sama mendirikan sekolah setingkat SLTP yang diberi nama Qaryah Thayyibah sebagai pilihan alternatif untuk mendapatkan pelayanan pendidikan yang murah dan bermutu. Masih berlangungnya pola pelaksanaan pendidikan yang sentralistik dan birokrasis ditengah upaya pemerintah membangun sistem otonomi pendidikan dengan memberikan kewenangan secara luas pada sekolah dan masyarakat merupakan pemicu utama penelitian ini dilakukan. Sebagai konsekwensi dari desentralisasi dan otonomi pendidikan, maka seharusnya pendidikan dengan basis masyarakat mendapatkan perhatian yang lebih, akan tetapi pada kenyataanya respons pemerintah dan masyarakat masih jauh dari harapan. Melalui pendekatan deskriptif kualitatif penelitian ini dilakukan menggunakan studi kasus dengan memfokuskan pada permasalahan bagaimana implementasi pendidikan berbasis masyarakat di SLTP Alternatif Qaryah Thayyibah terutama pada aspek proses pembelajaran dan pengelolaan komponen pembejaran. Dari permasalahan penelitian ini, data yang digali diambil pada aspek proses pembelajaran dan pengelolaan komponen pembelajaran. Data ini diperoleh terutama dari wawancara dengan narasumber sebagai informan kunci yang ditentukan secara purposive-sampling. Untuk pengembangan lebih lanjut pada proses analisis data, data dikembangkan pada proses trianggulasi yang ditunjang oleh data observasi dan telaah terhadap dokumen. Hal ini dilakukan sekaligus sebagai proses pengujian keabsahan data dalam proses verivikasi. Dari data yang diperoleh disimpulkan bahwa pelaksanaan pendidikan berbasis masyarakat yang dilakukan oleh SLTP Apternatif Qaryah Thayyibah memberikan implikasi luas tidak hanya pada perubahan pola belajar siswa, akan tetapi juga mampu mempengaruhi paradigma guru dalam mengajar dan budaya masyarakat setempat. Kondisi ini terjadi karena proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan kontekstual mampu menciptakan hubungan harmonis antara sekolah, masyarakat dan lingkungan alam.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pendidikan Berbasis Masyarakat, Pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LC Special aspects of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
Date Deposited: 28 May 2013 08:58
Last Modified: 28 May 2013 08:58
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16894

Actions (login required)

View Item View Item