MANAJEMEN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH (Studi Kasus Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Kabupaten Pati)
FARIQAH, 1103504029 (2007) MANAJEMEN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH (Studi Kasus Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Kabupaten Pati). Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (MANAJEMEN PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN PADA MADRASAH TSANAWIYAH (Studi Kasus Pembelajaran Matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Kabupaten Pati))
- Published Version
Download (487kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran merupakan bagian integral dari proses pendidikan. Proses pembelajaran yang baik atau berkualitas sangat menentukan terwujudnya tujuan pendidikan. Demikian juga pembelajaran matematika yang berkualitas sedikit banyak menjadi faktor penentu bagi keberhasilan pembelajaran matematika. Masalah atau fokus dalam penelitian ini adalah sebagai berikut : (1) bagaimanakah tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika agar kualitasnya meningkat di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati ? (2) Usaha atau strategi apakah yang ditempuh oleh guru matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati ? (3) Faktor-faktor apakah yang dapat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan manajemen peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati ? (4) Faktor-faktor apakah yang menjadi kendala terhadap pelaksanaan manajemen peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati ? Tujuan tesis ini adalah menyelidiki pelaksanaan manajemen peningkatan kualitas pembelajaran matematika yang memusatkan pada empat fokus : (1) Bagaimanakah tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi pembelajaran matematika agar kualitasnya meningkat ?, (2) Usaha atau strategi apakah yang ditempuh oleh guru matematika untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati ?, (3) Faktor-faktor apakah yang dapat memberikan dukungan terhadap pelaksanaan manajemen peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati ? (4) Faktor-faktor apakah yang menjadi kendala terhadap pelaksanaan manajemen peningkatan kualitas pembelajaran matematika di Madrasah Tsanawiyah Negeri Winong Pati ? Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif atau penelitian kualitatif, dengan rancangan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara wawancara mendalam. Nara sumber (sumber data) diambil dengan teknik snowball. Keabsahan data diperoleh dengan teknik triangulasi. Analisis dan pengolahan data digunakan model analisis interaktif. Model analisis ini meliputi empat komponen, yaitu : (1) pengumpulan data, (2) reduksi data, (3) penyajian data, (4) penarikan kesimpulan atau verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan : (1) Manajemen peningkatan kualitas pembelajaran matematika dilaksanakan melalui tiga tahap; yaitu, tahap perencanaan, tahap pelaksanaan dan tahap penilaian. Dalam setiap tahap, utamanya tahap pelaksanaan berorientasi pada kualitas pembelajaran matematika yang berlangsung secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian, (2) Usaha yang dilakukan oleh guru untuk meningkatkan kualitas pembelajaran matematika, antara lain dengan cara memberikan tugas secara terstruktur, (3) Ada tiga faktor pendukung bagi manajemen peningkatan kualitas pembelajaran, yaitu : dukungan orang tua, sarana pembelajaran, dan model kepemimpinan kepala sekolah, (4) Adapun yang menjadi kendalanya, antara lain masih berlakunya anggapan bahwa belajar matematika itu sulit, dan motivasi siswa kurang. Saran atau rekomendasi yang diajukan adalah; (1) mensosialisasikan bahwa belajar matematika itu tidak sulit cara yang ditempuh misalnya dengan lomba matematika, permainan matematika, dan pekan matematika, (2) memotivasi belajar siswa dengan cara belajar tekun dan pemberian pujian atau hadiah.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Manajemen, Kualitas pembelajaran Matematika |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2013 08:54 |
Last Modified: | 28 May 2013 08:54 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16893 |
Actions (login required)
View Item |