PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP DISIPLIN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN
ANASTASIA LIPURSARI , 1103504021 (2007) PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP DISIPLIN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (PENGARUH PENDIDIKAN AGAMA DAN PENDIDIKAN KELUARGA TERHADAP DISIPLIN SISWA PADA TATA TERTIB SEKOLAH DI SMP PANGUDI LUHUR 1 KLATEN)
- Published Version
Download (365kB) | Preview |
Abstract
Tindakan disiplin akan dapat mengurangi perbuatan curang yang dilakukan anggota sekolah. Anggota sekolah yang disiplin akan dapat meningkatkan kultur organisasi. Disiplin juga merupakan titik pusat dalam pendidikan. Kemampuan mengendalikan diri merupakan salah satu kemampuan utama yang harus dikembangkan. Hanya melalui disiplin sajalah kita dapat mengajar anak untuk mengendalikan keinginan-keinginannya. Dalam rangka menumbuhkembangkan disiplin siswa, sekolah memberikan sumbangan bagi pembentukan dan pembangunan jiwa anak, salah satunya melalui Pendidikan Agama. Dengan dasar pendidikan agama diharapkan siswa dapat menerapkan iman mereka dalam kehidupan sehari-hari baik di sekolah dengan mematuhi peraturan-peraturan dan etika yang berlaku. Jiwa anak juga dibentuk di lingkungan keluarga (pendidikan yang diberikan oleh orang tua) karena keluarga merupakan tempat pendidikan yang pertama dan utama, yang dijumpai anak sejak dia lahir. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh pendidikan agama, dan pendidikan keluarga terhadap disiplin siswa pada tata tertib sekolah di SMP Pangudi Luhur 1 Klaten baik secara terpisah maupun bersama-sama. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa SMP Pangudi Luhur 1 Klaten yang berjumlah 504 siswa, sampel sebanyak 117 siswa. Data dikumpulkan melalui angket langsung yang dijawab oleh siswa, selanjutnya dianalisis dengan teknik regresi sederhana dan regresi ganda dengan menggunakan komputer program SPSS versi 10.0 for Windows 2000. Hasil analisis menunjukkan bahwa 1) ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan agama terhadap disiplin siswa sebesar 26,6% dan persamaan regresi Y = 35,668 + 0,501X1, 2) ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan keluarga terhadap disiplin siswa sebesar 35,5% dan persamaan regresi Y = 33,033 + 0,526 X2, 3) ada pengaruh positif dan signifikan pendidikan agama dan pendidikan keluarga terhadap disiplin siswa sebesar 37,7% dan persamaan regresi Y = 29,264 + 0,181X1 + 0,4060X2. Saran yang dapat penulis sampaikan : 1) materi mata pelajaran agama lebih menekankan pada pembentukan jiwa anak dan pembangunan hidup beriman serta menerapkan iman mereka dalam kehidupan sehari-hari 2) pendidikan keluarga lebih menekankan pada nilai dan kepercayaan, pengetahuan dan norma-norma serta adat kebiasaan dan perilaku yang sesuai dengan budaya di lingkungan sekitarnya.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | pendidikan agama, pendidikan keluarga dan disiplin siswa |
Subjects: | L Education > L Education (General) L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2013 08:11 |
Last Modified: | 28 May 2013 08:11 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16891 |
Actions (login required)
View Item |