PERENCANAAN LABORATORIUM TATA BUSANA PADA KELAS UNGGULAN PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 MAGELANG


WIDOWATI, 1103503068 (2008) PERENCANAAN LABORATORIUM TATA BUSANA PADA KELAS UNGGULAN PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 MAGELANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERENCANAAN LABORATORIUM TATA BUSANA PADA KELAS UNGGULAN PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 MAGELANG]
Preview
PDF (PERENCANAAN LABORATORIUM TATA BUSANA PADA KELAS UNGGULAN PROGRAM KEAHLIAN TATA BUSANA DI SMK NEGERI 3 MAGELANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui Nilai-nilai yang dikembangkan dalam perencanaan, sasaran dan tujuan dalam perencanaan, tahap-tahap dalam perencanaan, dan evaluasi dalam perencanaan manajemen Laboratorium Program Keahlian Tata Busana SMK Negeri 3 Magelang. Penelitian ini menggunakan model etnografi dengan pendekatan kualitatif dengan pertimbangan bahwa tujuan dari penelitian adalah untuk memberikan gambaran secara mendetail tentang latar belakang, sifat serta karakter-karakter yang khas dari kasus, ataupun status dari individu. Hasil penelitian ini adalah, a) perencanaan pada manajemen laboratorium tata busana disusun selaras dengan visi, misi, dan nilai-nilai sekolah, b) sasaran dalam perencanaan manajemen laboratorium tata busana dibedakan menjadi sasaran jangka pendek, menengah, dan jangka panjang dan disertakan dalam program kerja program keahlian tata busana, c) perencanaan dalam manajemen laboratorium tata busana berlangsung melalui beberapa tahapan, d) evaluasi dalam perencanaan manajemen laboratorium tata busana dilaksanakan pada saat rapat guru dan saat informal, tujuannya untuk meningkatkan kualitas program dengan semangat dan prinsip kesungguhan, terbuka, kekeluargaan, dan saling menghargai Saran dalam penelitian ini adalah a) nilai-nilai sekolah yang dijadikan dasar dalam perencanaan manajemen laboratorium tata busana harus dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari, terutama dalam proses pembelajaran di laboratorium tata busana, b) sasaran dan tujuan dalam perencanaan manajemen laboratorium tata busana perlu lebih dipertegas. Pertimbangan dalam penentuan personil juga harus diperketat demi peningkatan pengelolaan laboratorium, c) tahapan-tahapan dalam perencanaan manajemen di laboratorium tata busana hendaknya lebih sistematis agar fungsi perencanaan sebagai sumber keputusan dapat berfungsi dengan baik, d) evaluasi fungsinya sangat penting dalam setiap unsur manajemen, untuk itu pelaksanaan evaluasi harus dilaksanakan secara rutin dan berkesinambungan, sehingga hasilnya dapat dipergunakan untuk menyempurnakan perencanaan. Semangat dan prinsip yang ada perlu dipertahankan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Perencanaan Laboratorium Tata Busana
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 07:19
Last Modified: 28 May 2013 07:19
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16889

Actions (login required)

View Item View Item