PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH ALIYAH (MA) DI KUDUS

Ismanto, 1103503020 (2007) PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH ALIYAH (MA) DI KUDUS. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENGARUH TINGKAT PENDIDIKAN DAN MASA KERJA TERHADAP KOMPETENSI PEDAGOGIK GURU MADRASAH ALIYAH (MA) DI KUDUS) - Published Version
Download (492Kb)

    Abstract

    Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: 1) pengaruh tingkat pendidikan terhadap kompetensi pedagogik guru MA di Kudus, 2) pengaruh masa kerja terhadap kompetensi pedagogik guru MA di Kudus, dan 3) pengaruh tingkat pendidikan dan masa kerja secara simultan terhadap kompetensi pedagogik guru MA di Kudus. Penelitian ini bersifat ¬ex post facto yang mencari hubungan kausal, regresi, untuk mengungkapkan fakta berdasarkan pengukuran atas gejala yang telah terjadi pada diri masing-masing responden, guru. Penentuan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik cluster sampling, dengan jumlah keseluruhan guru dari empat MA sebanyak 212 orang. Analisis yang dilakukan dengan menggunakan metode deskriptif dan regresi baik sedarhana maupun ganda, sebagai tambahan pula dilakukan juga metode korelasional dan analisis variansi (ANAVA). Hasil penelitian ini diperoleh bahwa sebagian besar (86%) guru MA di Kudus berlatar belakang pendidikan Sarjana S-1 dengan rata-rata masa kerja 8 tahun dengan kompetensi pedagogik terendah (139) dari guru berpendidikan SLTA (Pondok Pesantren) dengan masa kerja 1 – 10 tahun, dan kompetensi pedagogik tertinggi (185) dari guru berpendidikan Sarjana S-2 dengan masa kerja 31 – 40 tahun, serta kompetensi pedagogik rata-rata sebesar 154 (kategori tinggi). Hasil penelitian ini juga diperoleh: 1) pengaruh antara tingkat pendidikan terhadap kompetensi guru MA di Kudus, yakni sebesar 2,7%, 2) pengaruh terjadi pula antara masa kerja terhadap kompetensi guru MA di Kudus, yakni sebesar 1,8%, serta 3) pengaruh antara tingkat pendidikan secara simultan dengan masa kerja terhadap kompetensi guru MA di Kudus, yakni sebesar 4,9%. Sebagai hasil analisis tambahan dalam penelitian ini, sebagai rekomendasi adalah: 1) preferensi korelasi tertinggi terjadi ketika seorang guru dinilai kompetensi pedagogiknya oleh teman guru dengan mempertimbangkan tingkat pendidikan yang dimiliki oleh guru yang dinilai, dan 2) adanya perbedaan kompetensi pedagogik guru MA di Kudus berdasarkan tingkat pendidikan dan perbedaan yang signifikan terjadi antara guru berlatar pendidikan SLTA dan Sarjana S-2, namun perbedaan ini tidak dijumpai pada terjadinya perbedaan masa kerja.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: tingkat pendidikan, masa kerja, kompetensi pedagogik
    Subjects: L Education > L Education (General)
    L Education > LB Theory and practice of education
    Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
    Depositing User: S.Kom Heru Setyanto
    Date Deposited: 28 May 2013 03:02
    Last Modified: 28 May 2013 03:02

    Actions (login required)

    View Item