KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI, DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, TERHADAP KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG
ADI PRASETYO, 1103502043 (2007) KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI, DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, TERHADAP KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KONTRIBUSI MOTIVASI BERPRESTASI, DAN SUPERVISI KEPALA SEKOLAH, TERHADAP KOMPETENSI GURU SEKOLAH DASAR DI KECAMATAN SUMOWONO KABUPATEN SEMARANG)
- Published Version
Download (632kB) | Preview |
Abstract
Kualitas pendidikan perlu ditingkatkan pada seluruh komponen sistem pendidikan, baik yang bersifat human reseources (yang di antaranya adalah kompetensi guru) maupun yang bersifat material reseources. Tujuan penelitian ini adalah berusaha memperoleh gambaran yang nyata tentang adanya kontribusi, motivasi berprestasi dan supervisi kepala sekolah terhadap kompetensi guru. Desain penelitian ini merupakan desain korelasional. Penelitian dilakukan pada guru SD se Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang, dengan sampel proporsional random sampling sebanyak 140 orang. Data diambil menggunakan kuesioner yang telah teruji validitas dan reliabilitasnya meliputi variabel motivasi berprestasi, supervisi, dan kompetensi guru. Teknik Analisis menggunakan analisis regresi (regression analysis), pengujian hipotesis menggunakan uji F dan uji t. Simpulan penelitian ini adalah (1) terdapat pengaruh yang signifikan motivasi berprestasi terhadap kompetensi guru SD Negeri di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang dengan koefisien determinasi sebesar 64,16%, (2) terdapat pengaruh yang signifikan supervisi Kepala Sekolah terhadap kompetensi guru SD Negeri di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang dengan koefisien determinasi sebesar 55,80%, dan (3) terdapat pengaruh secara simultan (bersama) motivasi berprestasi dan supervisi Kepala Sekolah terhadap kompetensi guru SD Negeri di Kecamatan Sumowono Kabupaten Semarang dengan koefisien determinasi sebesar 97,3%, sisanya kompetensi guru dipengaruhi oleh faktor lain di luar variabel penelitian. Selanjutnya dikemukakan beberapa saran sebagai berikut: (1) Motivasi berprestasi guru perlu ditingkatkan karena merpuakan salah satu faktor penentu peningkatan kompetensi guru, (2) supervisi kepala Sekolah perlu ditingkatkan terutama pada aspek kedisiplinan, komitmen pada tugas, semangat persaingan untuk berprestasi dan kerjasama antar personel sekolah sehingga Kompetensi Guru semakin baik, (3) Temuan penelitian ini dapat dijadikan bahan pertimbangan bagi Dinas Pendidikan Kabupaten Semarang dalam pengambilan kebijakan dan pembinaan di SD Negeri yang berkaitan dengan Motivasi Berprestasi ataupun Kompetensi Guru.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Motivasi Berprestasi. Supervisi. Kompetensi Guru |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education L Education > LB Theory and practice of education > LB1501 Primary Education |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2 |
Depositing User: | Users 7 not found. |
Date Deposited: | 28 May 2013 06:49 |
Last Modified: | 28 May 2013 06:49 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16882 |
Actions (login required)
View Item |