KONTRIBUSI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI KLINIS, DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN


DEDDY KRISDIYANTO, 1103502026 (2008) KONTRIBUSI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI KLINIS, DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of KONTRIBUSI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI KLINIS, DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN ]
Preview
PDF (KONTRIBUSI KETERAMPILAN MANAJERIAL KEPALA SEKOLAH, SUPERVISI KLINIS, DAN KINERJA GURU TERHADAP HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN ALAM SISWA KELAS V SEKOLAH DASAR NEGERI SE-KOTA SEMARANG TAHUN PELAJARAN ) - Published Version
Download (390kB) | Preview

Abstract

Pendidikan bermutu merupakan tujuan dunia pendidikan Indonesia, salah satu indikator tercapainya mutu tersebut adalah adanya prestasi yang baik dari peserta didik. Prestasi atau hasil belajar tersebut tidak secara instan didapat oleh peserta didik. Prestasi atau hasil belajar tersebut dipengaruhi oleh bermaca faktor. Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) besarnya kontribusi keterampilan manajerial kepala sekolah terhadap hasil belajar IPA siswa, 2) besarnya kontribusi supervisi klinis terhadap hasil belajar IPA siswa, 3) besarnya kontribusi kinerja guru terhadap hasil belajar IPA siswa, dan 4) besarnya kontribusi keterampilan manajerial kepala sekolah, supervisi klinis, dan kinerja guru terhadap terhadap hasil belajar IPA siswa. Populasi penelitian ini adalah semua guru kelas V SD Negeri se-Kota Semarang berjumlah 498 guru dari 16 kecamatan yang ada di Kota Semarang. Sampel diambil 205 secara proporsional. Pengumpulan data menggunakan kuesionar. Analisis data dilakukan secara kuantitatif dengan statistik deskriptif, analisis regresi berganda. Berdasarkan hasil analisis data diperoleh hasil bahwa 1) hipotesis pertama, kedua, dan ketiga dalam penelitian ini terbukti. Hal tersebut dapat dilihat dari hasil uji t, nilai probabilitas masing-masing variabel < 0,05 sehingga hipotesis H0 ditolak yang berarti manajerial kepala sekolah berkontribusi positif terhadap hasil belajar IPA, supervisi klinis berkontribusi positif terhadap hasil belajar IPA, dan kinerja guru berkontribusi positif terhadap hasil belajar IPA, 2) terdapat kontribusi positif manajerial kepala sekolah, supervisi klinis, dan kinerja guru terhadap hasil belajar IPA secara simultan hal ini ditunjukkan dengan perolehan hasil uji F dengan nilai probabilitas sebesar 0,000 < 0,05, maka hipotesis keempat dalam penelitian inipun terbukti bahwa terdapat kontribusi yang signifikan dari seluruh variabel bebas terhadap variabel terikat secara serentak atau bersama-sama, dan 3) hasil pengujian asumsi klasik menunjukan bahwa data dalam penelitian ini tidak mengalami masalah asumsi klasik atau bias, sehingga dinyatakan BLUE (best, linier, unbiased, estimator).

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Keterampilan Manajerial Kepala Sekolah, Supervisi Klinis, Kinerja, dan Hasil Belajar
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Pendidikan, S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 28 May 2013 06:40
Last Modified: 28 May 2013 06:40
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16880

Actions (login required)

View Item View Item