OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN HASIL KERJA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN ALAMI DI LINGKUNGAN SISWA SMK NEGERI 2 KENDAL


Heru Pramono, 1102513011 (2007) OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN HASIL KERJA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN ALAMI DI LINGKUNGAN SISWA SMK NEGERI 2 KENDAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN  HASIL KERJA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN ALAMI DI LINGKUNGAN SISWA SMK NEGERI 2 KENDAL]
Preview
PDF (OPTIMALISASI AKTIVITAS DAN HASIL KERJA SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN CTL DENGAN MEMANFAATKAN BAHAN ALAMI DI LINGKUNGAN SISWA SMK NEGERI 2 KENDAL) - Published Version
Download (891kB) | Preview

Abstract

Pembelajaran praktek di sekolah kejuruan berorientasi pada penguasaan kompetensi yang dibutuhkan dalam mendapatkan kecakapan hidup ( life Skill ), sehingga proses pembelajaran diusahakan menarik minat siswa. Proses pembelajaran yang melibatkan siswa secara aktif baik secara mental maupun sosial terbukti lebih bermakna, pengetahuan yang didapat lebih bertahan lama atau mudah diingat, namun kenyataan dilapangan menunjukkan dengan keterbatasan dana dari sekolah maka bahan praktek menjadi terbatas, ditambah banyak guru yang kurang kompetensinya sehingga praktek finishing kayu menjadi kurang variatif. Kondisi ini menyebabkan hasil kerja praktek menjadi rendah, yang dibuktikan dengan rendahnya hasil uji kompetensi finishing kayu. Dengan latar belakang tersebut diajukan model pembelajaran menggunakan pendekatan CTL dengan memanfaatkan bahan alami disekitar siswa. Masalahnya apakah dengan pendekatan CTL dengan memanfaatkan bahan alami dapat meningkatkan aktivitas dan hasil kerja siswa. Penelitian ini bertujuan untuk : 1). Meningkatkan aktivitas dan hasil kerja siswa dalam hal finishing kayu, 2). Mengetahui minat siswa dalam hal praktek, 3). Mengetahui keterkaitan penguasaan pengetahuan terhadap peningkatan hasil kerja praktek. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tiga siklus dengan tahapan : Perencanaan, pelaksanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi pada tiap siklus digunakan sebagai acuan dalam perbaikan pada siklus selanjutnya. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa aktivitas belajar siswa yang terdiri dari interaksi siswa dan perhatian siswa terhadap guru mengalami peningkatan pada tiap siklus, ketuntasan belajar sebagai salah satu tujuan pembelajaran mengalami peningkatan, bahkan pada siklus III telah 100 % tuntas. Tugas pembuatan bahan pewarna oleh siswa bukan dipandang sebagai tambahan beban, tetapi sebagai sarana untuk menguasai materi pembelajaran, dan proses pembelajaran dengan pendekatan CTL lebih diminati siswa daripada proses pembelajaran klasikal dengan model ceramah dengan bahan praktek yang telah disediakan. Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa untuk mengatasi kondisi belajar yang kurang kondusif terutama karena keterbatasan dana praktek dan rendahnya kompetensi guru pembimbing praktek maka dapat digunakan pembelajaran dengan menggunakan pendekatan CTL dengan memanfaatkan bahan alami.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Aktivitas siswa, Hasil kerja siswa, CTL , Bahan pewarna alami
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Pengembangan Kurikulum (Kurikulum dan Teknologi Pembelajaran) S2
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 08:37
Last Modified: 27 May 2013 08:37
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16870

Actions (login required)

View Item View Item