PERENCANAAN OPTIMALISASI PERAN GURU SMKN TEKNOLOGI DIDASARKAN FAKTOR-FAKTOR DETERMINASI KINERJA


Tri Jaka Kartana, 11O3603013 (2006) PERENCANAAN OPTIMALISASI PERAN GURU SMKN TEKNOLOGI DIDASARKAN FAKTOR-FAKTOR DETERMINASI KINERJA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PERENCANAAN OPTIMALISASI PERAN GURU SMKN TEKNOLOGI DIDASARKAN FAKTOR-FAKTOR DETERMINASI KINERJA]
Preview
PDF (PERENCANAAN OPTIMALISASI PERAN GURU SMKN TEKNOLOGI DIDASARKAN FAKTOR-FAKTOR DETERMINASI KINERJA) - Published Version
Download (980kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1)mendeskripsi kondisi lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kemampuan guru, serta kinerja guru SMKNT, (2)mendapatkan penjelasan sesuai tidaknya model kinerja yang dibangun dengan data empiris, (3)mendapatkan penjelasan besar kontribusi faktor-faktor determinasi terhadap kinerja guru, baik secara sendiri-sendiri maupun bersama, dan (4)membangun model perencanaan optimalisasi peran guru SMKNT didasarkan model kinerja guru. Penelitian bersifat deskriptif korelasional, desain model pengukuran melalui pendekatan confirmatory factor analysis. Populasi penelitian ini adalah guru pengampu mata pelajaran vokasional bidang teknologi di SMKN se-Provinsi Jawa Tengah pada semester genap, tahun pelajaran 2004-2005. Sampel melalui teknik “multi stage cluster area random sampling. Data dikumpulkan melalui angket tertutup. Data dianalisis melalui statistik deskriptif (SPSS-13.0) dan analisis koefisien determinasi (LISREL-8,51) melalui media komputer. Hasil penelitian, model I, II, III, dan IV pada kondisi sesuai (fit) dengan data empiris. Kontribusi variabel lingkungan kerja, motivasi kerja, dan kemampuan guru terhadap variabel kinerja guru bermakna dan signifikan. Model I paling tepat digunakan sebagai dasar membangun pemodelan perencanakan optimalisasi peran guru SMKNT untuk masa depan, dengan titik perhatian peningkatan mutu kemampuan guru terutama pada indikator jiwa kepemimpinan dan mental kewiraswastaan bagi guru, disamping kepribadian teknologi. Peningkatan kemampuan guru akan mempengaruhi peningkatan kinerja guru secara langsung dan tidak langsung melalui faktor motivasi kerja dan kondisi lingkungan kerja, Program pendidikan dan latihan guru vokasional bidang teknologi perlu mendapatkan materi kecakapan kepribadian teknologi, kepemimpinan, dan kewiraswastaan. Peningkatan peran guru SMKNT pada masa yang akan datang, direkomendasi untuk dipersiapkan melalui sertifikasi uji kompetensi calon tenaga guru SMK bidang vokasional teknologi. Materi kompetensi dilengkapi uji kepribadian teknologi, kepemimpinan, dan kewiraswastaan. LPTK direkomendasikan untuk melakukan rekonstruksi Kurikulum Program Studi dengan mengakomodasi materi kuliah kepribadian teknologi, jiwa kepemimpinan, dan kewiraswastaan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: manajemen, perencanaan, guru, kinerja
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: Users 7 not found.
Date Deposited: 27 May 2013 08:23
Last Modified: 27 May 2013 08:23
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16868

Actions (login required)

View Item View Item