Keefektifan Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Materi Segitiga


Wida Prihantina F. , 4101405508 (2009) Keefektifan Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Materi Segitiga. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Materi Segitiga] PDF (Keefektifan Pendekatan Keterampilan Metakognitif Dalam Pembelajaran Matematika Pada Pencapaian Hasil Belajar Siswa SMP Kelas VII Materi Segitiga) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Pembelajaran matematika di sekolah belum sepenuhnya menekankan kepada pembentukan sifat atau pola berpikir kritis dan kreatif. Oleh karena itu, diperlukan penerapan pembelajaran keterampilan metakognitif sebagai salah satu upaya alternatif dalam usaha memperbaiki kemampuan metakognisi dan hasil belajar peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan pembelajaran CTL dengan pendekatan keterampilan metakognitif pada hasil belajar matematika SMP kelas VII materi segitiga, dan dapat dilihat dari nilai ratarata kelas telah mencapai ≥ 65 dan hasil belajar menggunakan model CTL dengan pendekatan keterampilan metakognitif lebih baik daripada hasil belajar dengan pembelajaran CTL saja. Variabel terikat dalam penelitian ini adalah hasil belajar matematika. Sedangkan variabel bebas dalam penelititan ini adalah jenis pembelajaran. Pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar, selanjutnya dianalisis dengan uji t dan uji ketuntasan hasil belajar siswa menggunakan program SPSS. Hasil dari analisis ketuntasan hasil belajar peserta didik dalam kelompok eksperimen menunjukkan rata-rata nilai tes peserta didik yang diajar menggunakan CTL dengan pendekatan keterampilan metakognitif > 65. Begitu pula dengan perhitungan uji beda dua rata-rata menunjukkan bahwa rata-rata tes hasil belajar peserta didik dengan menggunakan model pembelajaran CTL dengan pendekatan keterampilan metakognitif lebih baik dibandingkan dengan peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran CTL tanpa dilengkapi pendekatan keterampilan metakognitif. Simpulan yang diperoleh berdasarkan penelitian adalah nilai rata-rata kelas yang diterapkan model pembelajaran CTL dengan pendekatan keterampilan metakognitif telah mencapai ≥ 65, dan nilai rata-rata tes hasil belajar siswa yang memperoleh pembelajaran model CTL dengan pendekatan keterampilan metakognitif lebih baik daripada nilai rata-rata tes hasil belajar siswa dengan pembelajaran model Contextual Teaching and Learning (CTL) saja. Hal ini menunjukkan keberhasilan menggunakan pembelajaran dengan pendekatan keterampilan metakognitif.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: Pendekatan keterampilan metakognitif, model pembelajaran Contextual Teaching and Learning (CTL), hasil belajar.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Apr 2011 02:42
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1686

Actions (login required)

View Item View Item