PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA DI SD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KERJASAMA SISWA


Ngurah Ayu Nyoman Murniati, , 4001503006 (2005) PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA DI SD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KERJASAMA SISWA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA DI SD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KERJASAMA SISWA]
Preview
PDF (PENGEMBANGAN MODEL PEMBELAJARAN IPA DI SD BERBASIS MASALAH UNTUK MENINGKATKAN KREATIVITAS DAN KERJASAMA SISWA) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Pembelajaran IPA di SD dewasa ini masih jauh dari harapan di dalam kurikulum pembelajaran yang berlaku. Hasil nilai yang diperoleh sangat rendah. Minat dan kreativitas anak terhadap pembelajaran IPA sangat rendah. Keinginan siswa untuk belajar aktif dan mendalami pelajaran IPA masih rendah. Belajar kreatif tidak hanya menyangkut perkembangan kognitif (penalaran), tetapi juga berhubungan erat dengan penghayatan pengalaman belajar yang mengasyikkan. Agar perilaku kreatif dapat terwujud, baik ciri – ciri kognitif maupun ciri – ciri afektif (sikap dan nilai) dari kreativitas perlu dikembangkan pembelajaran secara terpadu. Jika proses pembelajaran menggunakan tehnik – tehnik kreatif maka siswa akan menjadi lebih produktif dan percaya pada diri sendiri. Inisiatif dan kreativitas guru untuk menciptakan suasana belajar yang memupuk dan menunjang kreativitas siswa, suasana dimana siswa bebas untuk mengungkapkan pikiran – pikiran dan perasaan – perasaannya sangat diperlukan. Siswa menjadi tidak takut untuk beraktivitas, siswa tidak takut salah yang menyebabkan siswa lebih cenderung untuk berdiam diri daripada mengambil resiko dicela oleh guru atau ditertawakan teman sebayanya. Pembelajaran kreatif sangat sulit dipenuhi oleh guru. Hal ini disebabkan karena kenyataan di lapangan saratnya beban kerja yang dipikul oleh seorang guru SD akan mempengaruhi perkembangan kemampuan dan wawasan yang dimiliki oleh guru tersebut. Seorang guru yang mengajar lebih dari satu mata pelajaran akan kurang memberikan motivasi pada tiap mata pelajaran yang diajarkannya. Terlebih lagi guru tersebut tidak menyukai mata pelajaran yang dimaksud. Sehingga dapat dibayangkan bagaimanakah kedalaman materi yang akan diperoleh siswa ? Bagaimanakah hasil belajar yang dicapai siswa ? Demikian juga dalam pembelajaran IPA. Keterbatasan – keterbatasan ini mengakibatkan guru enggan melakukan inovasi dalam pembelajaran, sehingga mengakibatkan siswa kurang berminat terhadap mata pelajaran tertentu (dalam hal ini yang menurut mereka banyak membutuhkan pikiran). Siswa cenderung belajar mandiri, belajar sendiri, karena guru kurang memperkenalkan belajar berkelompok dalam kelas. Pelajaran IPA termasuk pelajaran yang menurut siswa – siswa SD adalah pelajaran yang sulit. Kesulitan yang mereka peroleh karena dalam pelajaran IPA biasanya dibutuhkan kemampuan menghafal dan berhitung yang bagus. Berdasar kenyataan tersebut perlu dikembangkan suatu model pembelajaran yang dapat meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA. Model pembelajaran yang dikembangkan harus mudah dilakukan guru ( terutama dalam guru berinovasi) dan mudah dilakukan oleh siswa. Pada penelitian ini dipilih model pembelajaran berbasis masalah, dalam hal ini pengembangan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat diterapkan pada anak – anak Sekolah Dasar (SD). Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan pengembangan model pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan kretivitas dan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di SD. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimanakah pengembangan model pembelajaran berbasis masalah yang dapat meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di SD. Subyek penelitian yang dipilih adalah siswa kelas 5 SD Negeri Gemah 1-2 tahun pelajaran 2004/2005. Jumlah siswa yang diteliti sebanyak 48 siswa, yang terdiri dari 21 orang siswa putri dan 27 orang siswa putra. Desain penelitian adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan 3 siklus yang bersifat kolaboratif yang didasarkan pada permasalahan – permasalahan yang muncul dalam pengembangan model pembelajaran berbasis masalah pada pembelajaran sains di SD. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa, guru, dokumen dan proses belajar mengajar. Jenis data yang dianalisis adalah data kualitatif dan data kuantitatif. Metode analisis data yang digunakan adalah prosentase untuk mengetahui respon siswa dalam hal kreativitas dan kerjasama. Kemudian Uji Wicolson untuk mengetahui kehomogenan data pada jenis data statistik non parametrik. Sehingga kesimpulan terhadap hipotesis yang ditetapkan akan valid. Hipotesis kerja yang ditetapkan adalah bahwa pengembangan model pembelajaran berbasis masalah dapat meningkatkan kreativitas dan kerjasama siswa dalam pembelajaran IPA di SD. Hasil penelitian yang diperoleh bahwa 80 % guru SD Negeri Gemah masih mengajarkan pembelajaran IPA yang bersifat konvensional. Ketika diberi tindakan dalam siklus 1 diperoleh peningkatan yang tidak terlalu berarti, yaitu kurang lebih 20,83 % pembelajaran IPA bervariasi atau 79,17 % pembelajaran masih bersifat monoton. Pada siklus kedua mulai tampak variasi pembelajaran yaitu sebesar 25,84 % atau 74,16 % pembelajaran masih bersifat monoton. Di siklus akhir terlihat peningkatan variasi pembelajaran menjadi 77,9 % (kurang lebih 22,1 % masih bersifat monoton). Kreativitas siswa dalam pembelajaran naik dari 66,7 % pada siklus pertama sampai 86,4 % pada siklus ketiga. Peningkatan kerjasama siswa tercapai juga dalam penelitian ini yaitu mulai 51,6 % siklus pertama sampai 86,95 % pada siklus ketiga. Dari hasil penelitian dengan melihat kreativitas dan kerjasama siswa tinggi dalam pembelajaran IPA, menimbulkan motivasi dan minat siswa dalam pembelajaran IPA juga tinggi. Hal ini menyebabkan ketuntasan belajar 85 % tercapai di akhir siklus yang ketiga.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: model pembelajaran berbasis masalah, kreativitas, kerjasama, pembelajaran IPA.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2013 03:07
Last Modified: 24 May 2013 03:07
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16851

Actions (login required)

View Item View Item