EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERORIENTASI PROIBLEM POSING DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII

Nani Sumarni , 4101506059 (2008) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERORIENTASI PROIBLEM POSING DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI BERORIENTASI PROIBLEM POSING DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF PADA MATERI LINGKARAN KELAS VIII) - Published Version
Download (632Kb)

    Abstract

    Matematika merupakan salah satu ilmu bantu yang sangat penting dan berguna dalam kehidupan sehari-hari maupun untuk menunjang perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.Namun sampai saat ini penguasaan siswa terhadap matematika masih rendah,hal ini tercermin pada batas kelulusan Ujian Nasional tahun 2006/2007 yaitu 4,25,untuk itu perlu dicarikan solusi untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar siswa terhadap matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika berbasis teknologi berorientasi problem posing yang dikemas dalam CD interaktif pada materi lingkaran kelas VIII. Penelitian ini menggunakan metoda eksperimen,dengan mengambil lokasi di SMP Negeri 1 Beber Kabupaten Cirebon. Jumlah kelas VIII yang ada berjumlah 8 kelas, kemudian diambil sampel secara acak (Random sampling ) 2 kelas yaitu kelas VIII E sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Data yang diolah untuk variabel bebas yaitu data keaktifan dan keterampilan proses, dengan pengamatan. Untuk variabel terikat adalah prestasi belajar, diambil dengan melakukan tes. Uji statistik yang digunakan dalam mengolah data yaitu Uji-t satu sampel, Uji-t dua sampel(independen), Anova, serta analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran matematika berbasis teknologi berorientasi Problem Posing dikemas dalam CD interaktif pada materi kelas VIII adalah efektif karena (i) Prestasi belajar siswa pada materi lingkaran mencapai ketuntasan. Dimana rata-rata keterampilan proses 83,7381 dan keaktifan 81,8333 diatas KK M ( 75), sedangkan prestasi belajar rata-rata 67,7381 diatas KKM (60), (ii) Terdapat pengaruh positif dari keaktifan sebesar 16,30 %. Keterampilan proses 54,30 %,kontribusi keaktifan dan keterampilan proses bersama-sama sebesar 9,00 %.,(iii) Prestasi belajar kelas eksperimen (rata-rata 67,7381) lebih baik dari prestasi belajar kelas kontrol (58,0714 ). Simpulan dari penelitian ini, Pembelajaran matematika berbasis teknologi berorientasi Problem posing dikemas dalam CD interaktif adalah. (i) Membuat prestasi belajar siswa lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. (ii) Membuat prestasi belajar siswa mencapai ketuntasan (iii) Keterampilan proses dan keaktifan berpengaruh positif terhadap prestasi belajar. Saran penulis, perlu dikembangkan pembelajaran Matematika dengan Problem posing disertai penggunaan media pembelajaran yang sesuai untuk meningkatkan prestasi belajar dan minat belajar siswa terhadap matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Problem Posing, Keaktifan, Keterampilan proses, Teknologi, CD interaktif.
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 23 May 2013 21:53
    Last Modified: 23 May 2013 21:53

    Actions (login required)

    View Item