KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN MODALITAS VAK BERBANTUAN CD INTERAKTIF PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMA
Zaenal Arifin , 4101506049 (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN MODALITAS VAK BERBANTUAN CD INTERAKTIF PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS MASALAH DENGAN MODALITAS VAK BERBANTUAN CD INTERAKTIF PADA MATERI PROGRAM LINEAR DI SMA )
- Published Version
Download (436kB) | Preview |
Abstract
Pembelajaran matematika di sekolah bertujuan agar siswa mampu mengaplikasikan matematika dalam menyelesaikan masalah. Selama ini pembelajaran matematika masih menggunakan model pembelajaran konvensional, yang kurang mendukung siswa dalam meningkatkan kemampuan menyelesaikan masalah. Salah satu solusi yang akan dicobakan adalah dengan pembelajaran Berbasis Masalah dengan Modalitas VAK. Tujuan penelitian ini adalah untuk menunjukkan keefektifan model pembelajaran matematika berbasis masalah dengan modalitas VAK pada materi program linear. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas XII (Ilmu Alam) MA Negeri Buntet Pesantren Cirebon yang terdiri dari 3 kelas. Dengan teknik cluster random sampling terpilih dua kelas secara acak untuk dijadikan kelas eksperimen (XII IPA1) dan kelas kontrol (XII IPA3). Variabel independen penelitian ini adalah keterampilan proses dan variabel dependennya adalah hasil belajar. Data diperoleh dari lembar pengamatan untuk variabel independen dan tes untuk variabel dependen. Instrumen telah diuji validitas dan reliabilitas. Untuk analisis data digunakan : uji beda rerata satu sampel (one sample t-test ), analisis regresi linear (linear regression), dan uji beda rerata dua sampel (Two Sample t-test). Dari kajian tersebut menunjukan bahwa pembelajaran matematika berbasis masalah dengan modalitas VAK pada materi program linear menghasilkan : 1.mencapai ketuntasan belajar (keterampilan proses dan prestasi belajar); 2. Hasil belajar kelas eksperimen lebih baik daripada hasil belajar kelas kontrol; 3. Ada pengaruh yang signifikan keterampilan proses terhadap prestasi belajar ( keterampilan proses = 0,657 atau 65,71%). Berdasarkan ketiga hasil tersebut di atas menunjukan bahwa pembelajaran matematika berbasis masalah dengan modalitas VAK pada materi program linear merupakan pembelajaran yang efektif.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Keefektifan, Pembelajaran Berbasis Masalah, Modalitas VAK, Program Linear |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 24 May 2013 01:48 |
Last Modified: | 24 May 2013 01:48 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16844 |
Actions (login required)
View Item |