EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI, BERORIENTASI STRATEGI STAD BERBANTUAN CD INTERAKTIF PADA MATERI PROGRAM LINIER KELAS XII IPA MAN BABAKAN TEGAL
A.M. Alwi , 4101506035 (2008) EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI, BERORIENTASI STRATEGI STAD BERBANTUAN CD INTERAKTIF PADA MATERI PROGRAM LINIER KELAS XII IPA MAN BABAKAN TEGAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.
Preview |
PDF (EFEKTIFITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA BERBASIS TEKNOLOGI, BERORIENTASI STRATEGI STAD BERBANTUAN CD INTERAKTIF PADA MATERI PROGRAM LINIER KELAS XII IPA MAN BABAKAN TEGAL)
- Published Version
Download (936kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh prestasi belajar yang kurang maksimal karena penggunaan metode pembelajaran konvensional, yakni metode ceramah/ekspositori. Dengan Pembelajaran Matematika Berbasis Teknologi, Berorientasi Strategi STAD Berbantuan CD Interaktif khususnya pada materi program linier, apakah keaktifan siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, keterampilan berproses siswa berpengaruh terhadap kemampuan pemecahan masalah, apakah keaktifan siswa, keterampilan berproses siswa, dan kemampuan pemecahan masalah siswa mencapai ketuntasan, serta adakah perbedaan antara kemampuan pemecahan masalah siswa pada pembelajaran berbasis teknologi, berorientasi strategi STAD berbantuan CD interaktif dengan pembelajaran konvensional?. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektifitas pembelajaran matematika berbasis teknologi berorientasi strategi STAD berbantuan CD interaktif yang ditandai dengan tuntasnya variabel independen keaktifan dan keterampilan berproses, variabel dependen kemampuan pemecahan masalah; berpengaruhnya variabel independen terhadap variabel dependen; dan diperolehnya kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik dari kelas kontrol. Populasi penelitian: siswa kelas XII IPA MAN terdiri dari 4 kelas, dengan cluster random sampling dipilih satu kelas eksperimen (diberi perlakuan dengan pembelajaran berbasis teknologi, berorientasi strategi STAD berbantuan CD Interaktif) dan satu kelas kontrol (diberi perlakuan dengan pembelajaran biasa/ konvensional). Terhadap variabel yang ada data diambil dengan pengamatan dan tes, data diolah dengan statistik uji t dan analisis regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) pada pembelajaran berbasis teknologi, berorientasi strategi STAD berbantuan CD Interaktif terdapat pengaruh yang signifikan keaktifan siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 76,2% dan keterampilan berproses siswa terhadap kemampuan pemecahan masalah matematika sebesar 84,3 %; (2) keaktifan siswa, keterampilan berproses siswa dan kemampuan pemecahan masalah yang ditumbuhkan oleh pembelajaran berbasis teknologi, berorientasi strategi STAD berbantuan CD interaktif dapat mencapai ketuntasan dengan nilai masing-masing 72,46, 71,31, dan 66,3; (3) diperolehnya kemampuan pemecahan masalah yang lebih baik pada kelas eksperimen dibanding dengan kemampuan pemecahan masalah kelas kontrol. Berdasar hasil tersebut disimpulkan bahwa pembelajaran berbasis teknologi, berorientasi strategi STAD berbantuan CD interaktif efektif dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematika.
Item Type: | Thesis (Masters) |
---|---|
Uncontrolled Keywords: | Strategi STAD Berbantuan CD Interaktif |
Subjects: | L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools Q Science > QA Mathematics |
Fakultas: | Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2 |
Depositing User: | Hapsoro Adi Perpus |
Date Deposited: | 24 May 2013 01:38 |
Last Modified: | 24 May 2013 01:38 |
URI: | http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16842 |
Actions (login required)
View Item |