IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF YANG BERBASIS TEKNOLOGI DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF PADA MATERI GEOMETRI DI MAN BABAKAN TEGAL


Fasikhun , 4101506034 (2008) IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF YANG BERBASIS TEKNOLOGI DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF PADA MATERI GEOMETRI DI MAN BABAKAN TEGAL. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF YANG BERBASIS TEKNOLOGI DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF PADA MATERI GEOMETRI DI MAN BABAKAN TEGAL ]
Preview
PDF (IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KELOMPOK DENGAN PENDEKATAN METAKOGNITIF YANG BERBASIS TEKNOLOGI DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF PADA MATERI GEOMETRI DI MAN BABAKAN TEGAL ) - Published Version
Download (334kB) | Preview

Abstract

Permasalahan yang muncul dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya prestasi belajar matematika siswa. Hal ini karena kurang efektifnya proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis 1) perbedaan prestasi belajar matematika siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif yang berbasis teknologi dikemas dalam CD Interaktif dan kelas yang diajar menggunakan model pembelajaran konvensional, 2) pengaruh keaktifan siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif berbasis teknologi yang dikemas dalam CD Interaktif, 3) pengaruh keterampilan proses siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif yang berbasis teknologi dikemas dalam CD Interaktif, 4) ketuntasan prestasi belajar siswa sebesar 60 pada kelas yang diajar menggunakan pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif berbasis teknologi yang dikemas dalam CD Interaktif. Populasi penelitian ini siswa kelas X di MAN Babakan Tegal terdiri dari 9 kelas pada tahun pelajaran 2007 / 2008. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen, dengan teknik cluster random sampling. Dalam penelitian ini model pembelajaran, keaktifan siswa, keterampilan proses siswa sebagai variabel bebas dan prestasi belajar matematika siswa sebagai variabel terikatnya. Data diperoleh dari pengamatan di kelas X5 sebagai kelas eksperimen dan kelas X1 sebagai kelas kontrol. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Prestasi belajar antara siswa yang diajar menggunakan pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif yang berbasis teknologi di kemas dalam CD Interaktif lebih baik daripada siswa yang diajar menggunakan pembelajaran konvensional, 2) Keaktifan siswa yang ditumbuhkan dalam pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif yang berbasis teknologi dikemas dalam CD Interaktif memberi kontribusi terhadap prestasi belajar matematika sebesar 83%, 3) Keterampilan proses siswa yang ditumbuhkan dalam pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif yang berbasis teknologi dikemas dalam CD Interaktif memberi kontribusi terhadap prestasi belajar matematika siswa sebesar 75,5%, 4) Pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif yang berbasis teknologi dikemas dalam CD Interaktif dapat mencapai ketuntasan belajar sebesar 60. Hasil ini menunjukkan bahwa implementasi pembelajaran kelompok dengan pendekatan metakognitif yang bebasis teknologi dikemas dalam CD Interaktif dapat menumbuhkan keaktifan dan keterampilan proses siswa sehingga berpengaruh terhadap prestasi belajar serta pencapaian ketuntasan dalam belajarnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Implementasi, Teknologi, Metakognitif, CD Interaktif, Geometri
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 May 2013 01:35
Last Modified: 24 May 2013 01:35
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16840

Actions (login required)

View Item View Item