Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Media Compact Disc (CD) pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Semarang pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi”.


Hartomo Adhi Nugroho , 4101405518 (2009) Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Media Compact Disc (CD) pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Semarang pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Persegi”. Under Graduates thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Media Compact Disc (CD) pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Semarang pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Perse] PDF (Keefektifan Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) dengan Media Compact Disc (CD) pembelajaran terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematika Peserta didik Kelas VII Semester II SMP Negeri 7 Semarang pada Materi Pokok Persegi Panjang dan Perse) - Published Version
Download (1MB)

Abstract

Kemampuan pemecahan masalah sangat penting dimiliki setiap orang, oleh karena itu pemerintah memasukkan aspek pemecahan masalah ke dalam tujuan kurikulum matematika sekolah. Sampai saat ini masih banyak ditemui kesulitan peserta didik dalam menyelesaikan permasalahan geometri, antara lain tentang keliling dan luas persegi panjang dan persegi pada peserta didik kelas VII semester II. Pada SMP Negeri 7 Semarang, kelas dikatakan tuntas pada mata pelajaran matematika apabila sekurang-kurangnya 65% peserta didik pada kelas tersebut mencapai nilai 65. Berdasarkan nilai mid semester pada materi sebelumnya terdapat 70% peserta didik pada kelas VII-C SMP Negeri 7 Semarang telah mencapai KKM dan 30 % belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran CPS dengan media CD dalam meningkatkan kemampuan pemecahan masalah dilihat dari hasil belajar matematika peserta didik yang diharapkan dapat menjadi rujukan bagi para guru yang ingin menerapkan model pembelajaran CPS dengan media CD. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 7 Semarang. Dengan teknik random sampling dipilih dua kelas sebagai sampel penelitian. Pengumpulan data dilakukan dengan metode tes kemudian dilakukan analisis untuk merumuskan hasil penelitian. Pada penelitian ini diperoleh hasil bahwa 87,5% peserta didik yang diajar menggunakan model CPS tuntas dalam pelajaran matematika materi pokok keliling dan luas persegi panjang dan persegi. Dari hasil penelitian juga diketahui bahwa rata-rata kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang diajar menggunakan model CPS lebih baik dari yang diajar dengan CTL di SMP Negeri 7 Semarang. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran CPS dengan media CD efektif diterapkan dalam pembelajaran matematika kelas VII SMP Negeri 7 Semarang pada materi pokok keliling dan luas persegi panjang dan persegi, oleh karena itu guru matematika di SMP Negeri 7 Semarang hendaknya mencoba penerapan model pembelajaran CPS dengan media CD pada materi keliling dan luas persegi panjang dan persegi untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik terkait aspek pemecahan masalah. Adapun saran yang bisa diberikan oleh peneliti adalah diusahakan guru untuk menggunakan model pembelajaran CPS dengan media CD dalam pembelajaran matematika.

Item Type: Thesis (Under Graduates)
Uncontrolled Keywords: CPS, Kemampuan Pemecahan Masalah, Keliling dan luas persegi panjang dan persegi
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QA Mathematics
Fakultas: Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam > Pendidikan Matematika, S1
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 20 Apr 2011 02:33
Last Modified: 25 Apr 2015 04:30
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/1684

Actions (login required)

View Item View Item