EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA SMP

Ahmad Sakuri , 4101506030 (2008) EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PENDEKATAN PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL SISWA SMP) - Published Version
Download (449Kb)

    Abstract

    Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1) Pendekatan pembelajaran konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran dapat mengantarkan siswa mencapai tuntas belajar pada materi Aritmetika Sosial siswa SMP, 2) Pengaruh keaktifan dan ketrampilan berproses siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar, 3) Perbedaan hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme dan model pembelajaran konvensional Populasi penelitian ini kelas VII SMP Negeri 19 Tegal terdiri dari 5 kelas, dengan teknik klaster random sampling diambil 2 kelas yaitu eksperimen kelas VII D dan kontrol kelas VII A. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Penelitian ini variabel bebasnya keaktifan (X1) dan ketrampilan berproses (X2) sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Pengambilan data digunakan lembar observasi untuk variabel bebas dan tes untuk variabel terikat. Data diolah dengan uji banding t dan uji pengaruh regresi. Hasil penelitian ditemukan bahwa: 1) Pendekatan pembelajaran konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran dapat mengantarkan siswa mencapai tuntas belajar ( keaktifan, ketrampilan berproses, dan hasil belajar), 2) Ada pengaruh pada keaktifan dan ketrampilan berproses siswa yang diajar dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran terhadap hasil belajar, 3) Hasil belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme lebih baik daripada model pembelajaran konvensional dengan bukti rata-rata hasil tes belajar siswa dengan pendekatan pembelajaran konstruktivisme sebesar 83,10, sedangkan rata-rata hasil tes belajar siswa dengan model konvensional hanya sebesar 64,83. Jadi, pendekatan pembelajaran konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran dapat membentuk siswa trampil dalam mengkonstruksi jawaban sendiri dalam menyelesaikan persoalan matematika. Guru disarankan hendaknya pandai dalam memilih model pembelajaran sesuai dengan situasi dan kondisi siswa termasuk menggunakan pendekatan pembelajaran konstruktivisme berbantuan CD pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Pendekatan Konstruktivisme, Keaktifan, Ketrampilan Berproses
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 23 May 2013 21:30
    Last Modified: 23 May 2013 21:30

    Actions (login required)

    View Item