PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP


Husnul Hotimah , 4001506045 (2008) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN  IPA TERPADU BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN IPA TERPADU BERVISI SETS UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP) - Published Version
Download (487kB) | Preview

Abstract

Sejak Kurikulum Berbasis Kompetensi kemudian Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan, dikenal istilah IPA terpadu dan Salingtemas (sains lingkungan teknologi dan masyarakat). IPA di SMP semula terdiri dari Fisika dan Biologi dengan dua guru yang berbeda, setelah KTSP menjadi Sains dengan satu guru. Pembelajaran yang memadukan tema Fisika dan Biologi dikenal dengan IPA terpadu. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui apakah model pembelajaran IPA terpadu bervisi SETS (science environment technology and society) dapat meningkatkan hasil belajar dan ketercapaian ketuntasan belajar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan populasi siswa kelas VII SMPN 1 Talun Kabupaten Cirebon. Sampel diperoleh dengan teknik cluster random sampling sebanyak dua kelas yakni kelas eksperimen dan kontrol dengan jumlah sampel masing-masing 35 orang. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel bebas yakni model pembelajaran IPA terpadu bervisi SETS dan variabel terikat yakni hasil belajar dan ketuntasan belajar. Melalui analisis dengan uji t terhadap hasil post-test dikurangi pre-test pada kelas eksperimen dan kontrol serta rumus p untuk mengetahui ketuntasan individu dan klasikal, dihasilkan bahwa penerapan model pembelajaran IPA terpadu bervisi SETS dapat meningkatkan hasil belajar dan ketercapaian ketuntasan hasil belajar.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: IPA terpadu, SETS, model pembelajaran
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 24 May 2013 01:25
Last Modified: 24 May 2013 01:25
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16838

Actions (login required)

View Item View Item