PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA TERPADU MANDIRI CIREBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERMODIFIKASI


Mohamad Agung Rokhimawan, 4001503004 (2005) PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA TERPADU MANDIRI CIREBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERMODIFIKASI. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA TERPADU MANDIRI CIREBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERMODIFIKASI]
Preview
PDF (PENINGKATAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA SMA TERPADU MANDIRI CIREBON PADA PEMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERMODIFIKASI) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Dalam kurikulum berbasis kompetensi, menekankan pada pembelajaran yang berorientasi pada kecakapan hidup (life skill). Pada proses belajar mengajar khususnya mata pelajaran kimia di SMA Terpadu Mandiri Cirebon kelas X-2 semester 2 masih menggunakan metode konvensional misalnya ceramah, dan siswa masih cenderung pasif dalam belajar, sebagaimana yang tidak dikehendaki dalam Kurikulum Berbasis Kompetensi. Dalam pembelajaran kimia metode yang dapat mengaktifkan siswa di antaranya diskusi, praktikum dan presentasi dalam pembelajaran. Permasalahan yang dihadapi dalam pembelajaran kimia di SMA Terpadu Mandiri tersebut adalah siswa pasif, keberanian bertanya dalam pembelajaran, sehingga proses pembelajaran dan hasil belajar siswa masih belum optimal. Berdasarkan penjelasan tersebut di atas dilakukan penelitian tindakan kelas untuk kelas X-2 dianggap paling rendah. Dari masalah tersebut di atas, pendekatan quantum learning termodifikasi dapat di pandang sebagai pendekatan alternatif yang sesuai dengan kondisi di sekolah sekarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan proses pembelajaran kimia dan hasil belajar yang diharapkan bukan hanya dari aspek kognisi tetapi juga dari psikomotor dan aspek sikap. Hasil belajar yang ditargetkan 70% siswa mendapat nilai 7,00. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah bagi guru memperkaya khasanah pembelajaran kimia, untuk memperbaiki kondisi pembelajaran kimia untuk meningkatkan kemampuan pembelajaran kimia bagi guru dan bagi siswa melatih para siswa SMA mempelajari kimia berwawasan SETS. Penelitian tindakan kelas ini terdiri dari 4 siklus, dengan tahapannya; perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi. Hasil refleksi setiap siklusnya menjadi bahan perbaikan untuk siklus berikutnya lagi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa, hasil belajar sebagai salah satu indikator yang telah ditetapkan untuk peningkatan proses belajar siswa dalam penelitian ini, siswa yang dinyatakan tuntas belajar pada hasil siklus satu adalah 46%, siklus dua 54%, siklus tiga 88%, siklus empat 92%. Hal ini menunjukkan bahwa ada peningkatan hasil belajar dilihat dari kenaikkan prosentasenya. Pada siklus satu dan dua pencapaian target indikator belum tercapai dan pada siklus tiga dan empat indikator sudah tercapai. berarti pada proses pembelajaran kimia menggunakan pendekatan quantum learning termodifikasi meningkatkan proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas ini, dapat disimpulkan bahwa proses belajar mengajar dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran kimia meningkat dengan pendekatan quantum learning termodifikasi. Dari hasil penelitian ini disarankan bahwa untuk mengatasi permasalahan siswa pasif dalam pembelajaran dan rendahnya hasil belajar ini dapat diobati dengan menggunakan pendekatan quantum learning termodifikasi.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: EMBELAJARAN KIMIA MELALUI PENDEKATAN QUANTUM LEARNING TERMODIFIKASI
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Q Science > QD Chemistry
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 24 May 2013 00:59
Last Modified: 24 May 2013 00:59
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16836

Actions (login required)

View Item View Item