HASIL BELAJAR GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI PELATIHAN (Kajian terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Matematika di LPMP Jawa Tengah)


Subiyantoro, 110 360 3002 (2006) HASIL BELAJAR GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI PELATIHAN (Kajian terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Matematika di LPMP Jawa Tengah). PhD thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of HASIL BELAJAR GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI PELATIHAN (Kajian terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Matematika di LPMP Jawa Tengah)]
Preview
PDF (HASIL BELAJAR GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENGIKUTI PELATIHAN (Kajian terhadap Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pelatihan Peningkatan Kompetensi Mata Pelajaran Matematika di LPMP Jawa Tengah)) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Manajemen sumber daya manusia bertujuan untuk meningkatkan kontribusi sumber daya manusia terhadap organisasi dalam rangka mencapai produktivitas. Sumber daya manusia (guru) sebagai input dalam proses pendidikan perlu ditingkatkan keprofesionalannya agar mampu mencapai keberhasilan pendidikan. Salah satu cara untuk meningkatkan profesionalitas guru adalah melalui pelatihan. . Pelatihan merupakan pembelajaran yang berkaitan dengan pekerjaan yang dilakukan oleh seseorang. Setelah mengikuti pelatihan harus segera terjadi perubahan perilaku seseorang sesuai program yang ditawarkan. Penelitian ini mengkaji hal-hal yang mempengaruhi hasil belajar guru sekolah dasar dalam mengikuti pelatihan. Pertanyaan penelitian yang muncul yaitu: 1) Apakah persepsi, perilaku proaktif, dan empati mempengaruhi motivasi berprestasi guru peserta pelatihan?, 2) Apakah persepsi, perilaku proaktif, dan empati mempengaruhi kompetensi guru peserta pelatihan?, 3) Apakah motivasi berprestasi mempengaruhi kompetensi guru peserta pelatihan? 4) Apakah kompetensi mempengaruhi motivasi berprestasi guru peserta pelatihan?, 5) Apakah motivasi berprestasi dan kompetensi mempengaruhi hasil belajar guru peserta pelatihan?, 6) Apakah persepsi, perilaku proaktif, dan empati mempengaruhi hasil belajar guru peserta pelatihan? Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan pengaruh persepsi, perilaku proaktif, empati, motivasi berprestasi dan kompetensi terhadap hasil belajar guru peserta pelatihan secara empiris. Secara khusus tujuan penelitian adalah untuk: (1) mendeskripsikan pengaruh persepsi, perilaku proaktif dan empati terhadap motivasi berprestasi guru peserta pelatihan, (2) mendeskripsikan pengaruh presepsi, perilaku proaktif dan empati terhadap kompetensi guru peserta pelatihan, (3) mendeskripsikan pengaruh motivasi berprestasi terhadap kompetensi guru peserta pelatihan, (4) mendeskripsikan pengaruh kompetensi terhadap motivasi berprestasi guru peserta pelatihan, (5) mendeskripsikan pengaruh motivasi berprestasi dan kompetensi terhadap hasil belajar guru peserta pelatihan, (6) mendeskripsikan pengaruh persepsi, perilaku proaktif, dan empati terhadap hasil belajar guru peserta pelatihan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan rancangan survey korelasional. Adapun populasi terdiri dari guru Sekolah Dasar yang mengikuti pelatihan peningkatan kompetensi mata pelajaran yang dilaksanakan oleh Lembaga Penjamin Mutu Pendidikan (LPMP) Jawa Tengah tahun 2005. Sebagai sampel dalam penelitian ini adalah peserta pelatihan peningkatan kompetensi mata pelajaran matematika guru Sekolah Dasar. Teknik sampling yang digunakan adalah cluster sampling. Data dikumpulkan melalui instrumen yang berbentuk tes dan nontes. Instrumen tes diberikan kepada responden untuk mengukur kompetensi dan hasil belajar guru peserta pelatihan. Instrumen nontes digunakan untuk mengukur variabel persepsi, perilaku proaktif, empati dan motivasi berprestasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah Structural Equation Model (SEM). Model pengukuran variabel persepsi, perilaku proaktif, empati, motivasi berprestasi, kompetensi dan hasil belajar menggunakan Confirmatory Factor Analysis (CFA). Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa (1) pengaruh persepsi, perilaku proaktif, dan empati terhadap motivasi berprestasi guru peserta pelatihan yang menunjukkan signifikan adalah persepsi dengan nilai-t = 3.25 dan empati nilai-t = 3.03, (2) pengaruh persepsi, perilaku proaktif, dan empati terhadap kompetensi guru peserta pelatihan, yang menunjukkan signifikan adalah empati dengan nilai-t = 2.51, (3) motivasi berprestasi berpengaruh terhadap kompetensi guru peserta pelatihan ditunjukkan dengan nilai-t = 2.20, (4) kompetensi berpengaruh tidak signifikan terhadap motivasi berprestasi guru peserta pelatihan ditunjukkan dengan nilai-t= 1.50 (5) pengaruh motivasi berprestasi dan kompetensi terhadap hasil belajar guru peserta pelatihan yang signifikan hanya motivasi berprestasi dengan nilai-t = 3.79, (6) pengaruh persepsi, perilaku proaktif, dan empati terhadap hasil belajar guru peserta pelatihan, yang signifikan hanya empati dengan nilai-t = 2.16. Saran-saran berdasar temuan penelitian yang direkomendasikan oleh peneliti adalah (1) untuk LPMP, membuat perencanaan pelatihan agar penyaji dapat menyampaikan persepsi, menarik empati serta meningkatkan motivasi berprestasi , melaksanakan pelatihan dengan menekankan peningkatan persepsi peserta, sehingga terjadi peningkatan sikap empati dan motivasi berprestasi, melakukan evaluasi pelatihan untuk mengetahui peningkatan persepsi, empati dan motivasi berprestasi; (2) saran untuk atasan guru (Kepala Sekolah dan Pengawas), melakukan perencanaan pembinaan berkala (pengarahan, supervisi) terhadap guru sehingga terjadi persamaan persepsi, memberikan tugas dan kepercayaan kepada guru sesuai dengan latar belakang masing-masing, memberikan penghargaan bagi guru yang berprestasi, memberikan sanksi bagi guru yang melakukan pelanggaran. (3) saran untuk guru peserta pelatihan, guru hendaknya selalu mengembangkan persepsi, empati dan motivasi berprestasi di samping substansi materi yang diajarkan,(4) saran kepada peneliti lain agar mengembangkan penelitian dengan meneliti faktor-faktor lain yang belum terungkap berkaitan dengan hasil belajar.

Item Type: Thesis (PhD)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar, motivasi berprestasi, kompetensi.
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education
Fakultas: Pasca Sarjana > Manajemen Kependidikan S3
Depositing User: Retma IF Perpustakaan Unnes
Date Deposited: 23 May 2013 06:50
Last Modified: 23 May 2013 07:22
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16820

Actions (login required)

View Item View Item