PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN

Yanti Damayanti , 4001506024 (2008) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TWO STAY TWO STRAY (TSTS) MENGGUNAKAN CD PEMBELAJARAN ) - Published Version
Download (576Kb)

    Abstract

    Kegiatan belajar mengajar kimia di SMA umumnya menggunakan metode ceramah. Kondisi seperti ini terlihat pembelajaran berpusat pada guru dan siswa pasif. Hal ini berdampak pada hasil belajar yang rendah, belum tercapainya ketuntasan belajar dan aktivitas siswa kurang. Untuk mengatasi hal tersebut guru perlu menciptakan suasana belajar yang membantu siswa agar sukses belajar. Salah satu upaya yang dapat diterapkan guru adalah penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TSTS). Permasalahan dalam penelitian adalah keefektifan pembelajaran Kimia model TSTS belum diketahui. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS menggunakan CD pembelajaran pada materi Stoikiometri Larutan, Kelas XI IPA di SMA Negeri 6 Cirebon. Hasil dari penelitian dapat memberi manfaat mengenai ketuntasan belajar, aktivitas siswa dan hasil belajar kimia model TSTS. Penelitian dilakukan dengan metode eksperimen, jumlah sampel dua kelas yaitu kelas kontrol dan eksperimen. Analisis penelitian dilakukan dengan uji t-tes, uji korelasi dan uji regresi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif TSTS menggunakan CD pembelajaran pada materi stoikiometri larutan dapat memberikan ketuntasan belajar 91%, keaktifan siswa berkorelasi pada hasil belajar dengan r = 0,689, pengaruh aktivitas terhadap hasil belajar adalah sebesar 47,5%,sementara dari analisis t-tes memberikan t sebesar 5,904 yang lebih besar dari t tabel pada taraf signifikan 0,05 dan besarnya kontribusi model pembelajaran TSTS terhadap hasil belajar adalah 84,3%. Respon siswa terhadap model pembelajaran TSTS sangat positif, umumnya menyenangi dan tertarik pada model pembelajaran kooperatif TSTS menggunakan CD pembelajaran. Berdasarkan pada hasil penelitian disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif TSTS menggunakan CD pembelajaran pada materi stoikimetri larutan efektif digunakan yaitu dapat mencapai ketuntasan belajar, meningkatkan aktivitas siswa dan hasil belajar penerapan model TSTS lebih baik dibandingkan dengan hasil belajar konvensional. Model TSTS ini dapat dijadikan salah satu alternatif model pembelajaran tidak hanya pada materi kimia tetapi juga pada pelajaran lainnya.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Kooperatif, Model TSTS, CD pembelajaran, Hasil Belajar
    Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
    Q Science > QD Chemistry
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
    Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
    Date Deposited: 22 May 2013 23:21
    Last Modified: 22 May 2013 23:21

    Actions (login required)

    View Item