EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI INKUIRI DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF


Hadi Pramono , 4001506021 (2008) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI INKUIRI DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI INKUIRI DIKEMAS DALAM  CD INTERAKTIF]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN FISIKA DENGAN STRATEGI INKUIRI DIKEMAS DALAM CD INTERAKTIF) - Published Version
Download (2MB) | Preview

Abstract

Hasil penelitian yang dilakukan baik oleh institusi di dalam negeri maupun dari luar negeri menunjukkan masih rendahnya hasil belajar fisika. Materi fisika diajarkan oleh guru sebagai satu-satunya sumber. Oleh karena itu diperlukan upaya perubahan paradigma dalam proses pembelajarannya. Salah satu upaya yang ditempuh pemerintah dalam upaya meningkatkan mutu pendidikan dengan ditetapkannya KTSP. Dengan KTSP tersebut memberikan peluang bagi guru untuk mengembangkan strategi dalam proses belajar mengajar termasuk menggunakan media komputer dalam pembelajaran. Berkaitan dengan peluang yang diberikan tersebut maka penulis melakukan satu penelitian. Penelitian ini menggunakan strategi inkuiri dikemas dalam CD interaktif. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah : (1) Untuk mengetahui perbedaan hasil belajar fisika antara strategi inkuiri dikemas dalam CD interaktif dengan inkuiri terbimbing, (2) Untuk mengetahui peningkatan keterampilan proses sains dengan strategi inkuiri dikemas dalam CD interaktif dan (3) Untuk mengetahui perbedaan sikap siswa selama pembelajaran yang menggunakan strategi inkuiri dikemas dalam CD interaktif dengan inkuiri terbimbing. Penelitian ini dilakukan di kelas X SMA Negeri 7 Cirebon pada mata pelajaran fisika. Manfaat yang diharapkan antara lain merupakan alternatif pembelajaran fisika yang dapat digunakan oleh guru. Dari hasil penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan media komputer dapat meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen yang terbagi dalam kelas kontrol dan kelas eksperimen. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini terdapat peningkatan nilai, baik pada kelas kontrol maupun kelas eksperimen. Pada kelas eksperimen nilai pretes 21,15 menjadi nilai postes 63,50 sedangkan pada kelas kontrol nilai pretes 20,40 menjadi 61,25. Normalisasi gain pada kelas eksperimen 0,54 dan kelas kontrol 0,52. Dengan menggunakan uji-t antara dua kelas tidak terdapat perbedaan pada nilai postesnya. Pada kelas eksperimen terdapat peningkatan keterampilan proses dari nilai pretes 25,65 menjadi nilai postes 62,26. Selanjutnya sikap siswa, selama pembelajaran berlangsung menunjukkan hasil yang baik pada kelas eksperimen dan kontrol. Simpulan yang diperoleh yaitu tidak terdapat perbedaan hasil belajar fisika antara kelas eksperimen dan kontrol. Akan tetapi nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar dibandingkan kelas kontrol. Terdapat peningkatan keterampilan proses sains pada kelas eksperimen. Sikap siswa pada kelas eksperimen lebih baik dibandingkan kelas kontrol.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: strategi inkuiri, hasil belajar, keterampilan proses, dan sikap siswa
Subjects: L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
Q Science > QC Physics
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: Hapsoro Adi Perpus
Date Deposited: 23 May 2013 03:16
Last Modified: 23 May 2013 03:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16816

Actions (login required)

View Item View Item