MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MAGELANG TAHUN 2007/2008


Siswanto, 6301506017 (2008) MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MAGELANG TAHUN 2007/2008. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MAGELANG TAHUN 2007/2008]
Preview
PDF (MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA DAN KESEHATAN SEKOLAH MENENGAH PERTAMA KOTA MAGELANG TAHUN 2007/2008) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Kota Magelang merupakan salah satu pemerintahan kota di Jawa Tengah setingkat daerah tingkat II yang dipimpin oleh seorang wali kota dan merupakan kota yang cukup strategis karena terletak di tengah-tengah kabupaten Magelang. Pemerintah kota Magelang dengan dinas pendidikannya mempunyai 22 SMP baik negeri maupun swasta termasuk didalamnya Madrasah Tsanawiyah. Untuk meningkatkan mutu pendidikan pemerintah kota Magelang pada tahun pelajaran 2007/2008 seluruh SMP/MTs menerapkan kurikulum baru yang dikenal dengan Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Tujuan menerapkan kurikulum baru tersebut adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan di wilayah kota Magelang. Disamping itu mutu pendidikan akan menjadi baik diperlukan tatanan atau manajemen yang baik pula. Ujung tombak keberhasilan sebuah pendidikan terletak di tangan guru, maka guru mempunyai peran yang sangat penting dalam pendidikan, untuk itu dalam menjalankan tugasnya seorang guru harus mampu melaksanakan manajemen yang baik, karena tanpa manajemen yang baik niscaya keberhasilan pendidikan tidak akan tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sampai seberapa jauh pelaksanaan manajemen pembelajaran yang dilakukan oleh guru penjasorkes SMP kota Magelang yang terpusat pada masalah utama yaitu: (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran di kelas/lapangan, (3) pelaksanakan evaluasi, dan (4) pelaksanakan tindaklanjut hasil evaluasi. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara, pengamatan, dan dokumen. Sedangkan sampel diambil dengan menggunakan teknik random sampling. Adapun sumber data diambil dari pengawas, kepala sekolah, guru, dan siswa. Kesahihan data diperoleh dengan cara triangulasi. Data dianalisis dengan cara (1) reduksi data, (2) penyajian data, dan (3) penarikan simpulan. Analisis menunjukkan bahwa manajemen pembelajaran yang dilakukan oleh guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan kota Magelang yang meliputi empat tahapan yaitu (1) perencanaan pembelajaran, (2) pelaksanaan pembelajaran di kelas/lapangan, (3) pelaksanakan evaluasi, dan (4) pelaksanakan tindaklanjut hasil evaluasi. Pada prinsipnya semua guru telah melaksanakan manajemen tersebut. Pelaksanaan perencanaan pembelajaran yang dilakukan dari membuat pemetaan sampai pada membuat RPP telah dilakukan walaupun hanya fotokopi yang dibuat MGMP. Pelaksaan pembelajaran juga sudah berjalan dengan baik, walaupun para guru masih belum bisa memanfaatkan waktu dengan sebaik mungkin. Dalam melaksanakan evaluasi guru pendidikan jasmani olahraga dan kesehatan masih banyak yang melaksanakan evaluasi hasil dari pada evaluasi proses, sehingga evaluasi tersebut cenderung mengukur prestasi bukan mengukur keberhasilan pelaksanaan pembelajarannya, sedangkan pelaksanaan tindaklanjut hasil evaluasi baru bisa melaksanakan remidial saja, sedangkan yang lain yaitu pengayaan dan percepatan belum bisa dilaksanakan. Saran yang dapat diberikan adalah: (1) dinas pendidikan maupun MGMP hendaklah sesering mungkin mengadakan sejenis workshop guna meningkatkan kemampuan guru dalam memenej pembelajarannya, (2) pengawas dikmenum serta kepala sekolah hendaklah secara periodik mengadakan supervisi kinerja guru dari membuat perencanaan, pelaksanaan pembelajaran, melaksanakan evaluasi, dan melaksanakan tindaklanjut hasil evaluasi, (3) kepala sekolah mewajibkan kepada guru dalam membuat perencanaan pembelajarannya ditulis tangan, (4) sekolah kalau perlu memberikan reward terhadap guru yang rajin melaksanakan tugasnya, (5) bagi guru, diharapkan selalu mentaati segala bentuk aturan yang telah ditetapkan sehingga guru tersebut akan lebih enjoy dalam menjalankan tugasnya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: MANAJEMEN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI OLAHRAGA, KESEHATAN SEKOLAH
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2013 02:15
Last Modified: 23 May 2013 02:15
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16812

Actions (login required)

View Item View Item