PENGARUH TIPE PEMBELAJARAN ANALISIS DAN SINTESIS TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA PADA SISWA PUTERA KELAS 4, 5, 6 SD NEGERI 1 BANYUMANIK SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009


Sungkowo, 6301506012 (2008) PENGARUH TIPE PEMBELAJARAN ANALISIS DAN SINTESIS TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA PADA SISWA PUTERA KELAS 4, 5, 6 SD NEGERI 1 BANYUMANIK SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PENGARUH TIPE PEMBELAJARAN ANALISIS DAN SINTESIS TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA PADA SISWA PUTERA KELAS 4, 5, 6 SD NEGERI 1 BANYUMANIK SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009]
Preview
PDF (PENGARUH TIPE PEMBELAJARAN ANALISIS DAN SINTESIS TERHADAP KEMAMPUAN HASIL BELAJAR RENANG GAYA DADA PADA SISWA PUTERA KELAS 4, 5, 6 SD NEGERI 1 BANYUMANIK SEMARANG TAHUN AJARAN 2008/2009) - Published Version
Download (1MB) | Preview

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: 1. Pengaruh tipe pembelajaran analisis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada. 2. Pengaruh tipe pembelajaran sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada 3. Perbedaan pengaruh tipe pembelajaran analisis dan sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen dengan rancangan random group pretest posttest design. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa putera Kelas 4, 5, 6 SD Negeri 1 Banyumanik Semarang berjumlah 54 siswa. Sampel yang digunakan dalam penelitian sebanyak 32 siswa putera dengan teknik penarikan purposif random sampling. Variabel dalam penelitian terdiri dari 2 macam yaitu: 1) variabel bebas yaitu tipe pembelajaran analisis dan sintesis, 2) variabel terikat yaitu kemampuan renang gaya dada. Instrument yang digunakan dalam penelitian terdiri dari 2 macam yaitu: 1) Program pembelajaran, 2) tes kemampuan renang gaya dada. Sebelum uji hipotesis dilakukan terlebih dahulu pengujian persyaratan meliputi: Uji normalitas sampel dengan menggunakan teknik uji Kolmogorov-Semirnov dan Uji homogenitas varians dengan menggunakan teknik uji Laveve’s. Kemudian dilanjutkan dengan Teknik analisis data menggunakan uji t dengan taraf signifikansi α 5%. Hasil uji hipotesis diperoleh (1) Pengaruh tipe pembelajaran analisis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada menunjukkan pre test sebesar 40,31 dan post test 84,06 mengalami peningkatan sebesar 43,75 sehingga di dapat thitung sebesar 13,488 > ttabel 2,13 berdasarkan hasil tersebut ada pengaruh yang signifikan tipe pembelajaran analisis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada. (2) Pengaruh tipe pembelajaran sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada menunjukkan pre test sebesar 40,94 dan post test 80,31 mengalami peningkatan sebesar 39,37 sehingga di dapat thitung sebesar 14.822 > ttabel 2,13 berdasarkan hasil tersebut ada pengaruh yang signifikan tipe pembelajaran sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada. (3) Perbedaan pengaruh tipe pembelajaran analisis dan sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada di dapat thitung sebesar -1,043 < ttabel 2,04 berdasarkan hasil tersebut menunjukkan tidak ada perbedaan pengaruh tipe pembelajaran analisis dan sintesis terhadap kemampuan hasil belajar renang gaya dada. Berdasarkan hasil kesimpulan disarankan: Kepada guru dan pelatih renang khususnya melatih renang pada siswa yang belum bisa berenang, untuk meningkatkan kemampuan renang gaya dada dapat memilih tipe pembelajaran sintesis atau analisis, karena berdasarkan hasil penelitian terbukti kedua tipe pembelajaran tersebut secara efektif dapat meningkatkan kemampuan renang gaya dada dan sama baiknya.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Analisis, Sintesis, Renang Gaya Dada.
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2013 02:10
Last Modified: 23 May 2013 02:10
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16811

Actions (login required)

View Item View Item