PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SEBAGAI WADAH PEMBINAAN PROFESIONAL DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG


Taryono, 6301503004 (2006) PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SEBAGAI WADAH PEMBINAAN PROFESIONAL DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SEBAGAI WADAH PEMBINAAN PROFESIONAL DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG]
Preview
PDF (PELAKSANAAN PROGRAM KEGIATAN KELOMPOK KERJA GURU PENDIDIKAN JASMANI SEKOLAH DASAR SEBAGAI WADAH PEMBINAAN PROFESIONAL DI KECAMATAN PEDURUNGAN KOTA SEMARANG) - Published Version
Download (3MB) | Preview

Abstract

. 2006. Pelaksanaan Program Kegiatan Kelompok Kerja Guru Pendidikan Jasmani Sekolah Dasar sebagai Wadah Pembinaan Profesional di Kecamatan Pedurungan Kota Semarang. Tesis. Program Studi Pendidikan Olahraga Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang Pembimbing : I. Drs. Soegiyanto KS, MS., II. Drs. Sulaiman, M.Pd profesional Peningkatan mutu pendidikan khususnya pada tingkat Sekolah Dasar telah menjadi kebijakan pemerintah yang harus diwujudkan sebaik-baiknya. Komponen guru mempunyai peran yang sangat penting dan merupakan kunci pokok bagi keberhasilan peningkatan mutu pendidikan, untuk itu kemampuan profesionalisme guru perlu ditingkatkan dan dikembangkan dengan berbagai upaya antara lain melalui pendidikan, pelatihan dan pembinaan profesional seperti KKG. Kegiatan KKG dianggap efektif untuk meningkatkan profesionalisme guru, maka peneliti tertarik untuk meneliti tentang pelaksanaan Program Kegiatan KKG Penjas yang berlokasi di Kecamatan Pedurungan, Kota Semarang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskirpsikan program kegiatan dan pelaksanaan program kegiatan KKG Penjas, menjelaskan faktor pendukung dan penghambat, menjelaskan upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan, mendeskripsikan partisipasi guru dalam kegiatan KKG Penjas serta menjelaskan keuntungan yang diperoleh guru setelah melaksanakan kegiatan KKG Penjas. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berbentuk studi kasus. Data dikumpulkan dengan wawancara, pengamatan dan dokumen. Data diambil dengan menggunakan Snowball Sampling Technique, adapun informan kunci terdiri dari Pengawas Pendidikan Jasmani, Ketua KKG Penjas, guru pemandu, beberapa guru penjas dan Kepala Sekolah. Kesahihan data diperoleh dengan cara triangulasi, pengecekan anggota dan diskusi teman sejawat. Data dianalisis dengan : 1) pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data dan 4) penarikan simpulan. Analisis menunjukan bahwa: 1) sebelum melakukan kegiatan KKG Penjas di Kecamatan Pedurungan pengurus dan para guru pemandu menyusun program kegiatan, 2) Pelaksanaan Kegiatan KKG Penjas sesuai program yang telah tersusun dengan model pemberdayaan tutor sebaya dan berjalan cukup lancar karena dukungan berbagai pihak terutama keaktifan para anggota, 3) faktor pendukung kegiatan KKG penjas antara lain semangat dan motivasi kerja para guru penjas, usia dan kualifikasi pendidikan para guru, koordinasi dan kerjasama yang baik antara pihak-pihak terkait, sedang faktor penghambatnya adalah keadaan sekolah yang kurang kondusif, terbatasnya sarana prasarana, belum adanya penghargaan yang seimbang dan masih rendahnya kesejahteraan guru, 4) upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan adalah memotivasi guru penjas, melakukan koordinasi dengan masyarakat dan mengusulkan dana kepada pemerintah, 5) partisipasi aktif guru penjas dan dukungan para pejabat mempengaruhi pelaksanaan program KKG penjas, 6) melalui kegiatan KKG penjas akan meningkatkan profesionalisme guru penjas. Beberapa saran yang diajukan yaitu 1) dalam penyusunan jadwal kegiatan hendaknya disesuaikan dengan kemungkinan adanya kegiatan kemasyarakatan, 2) para guru penjas hendaknya mampu memotivasi diri dan lebih aktif mengikuti kegiatan KKG, 3) mengoptimalkan fungsi koordinasi dan fungsi pembinaan antar pihak-pihak terkait, 4) pemberdayaan tutor sebaya dan mendatangkan nara sumber supaya ditingkatkan, 5) mengusulkan kepada Dinas Pendidikan agar memberi piagam penghargaan kepada guru penjas yang aktif mengikuti kegiatan KKG.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: pelaksanaan program, kegiatan Kelompok Kerja Guru, pembinaan
Subjects: O Sport > Education, Training, Research
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Olahraga S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 23 May 2013 02:02
Last Modified: 23 May 2013 02:02
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16810

Actions (login required)

View Item View Item