KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RUANG DIMENSI TIGA SMA KELAS X

Diding Jumadi, 4101506061 (2008) KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RUANG DIMENSI TIGA SMA KELAS X. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD BERBANTUAN CD INTERAKTIF DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI RUANG DIMENSI TIGA SMA KELAS X) - Published Version
Download (904Kb)

    Abstract

    Latar belakang dalam penelitian ini adalah (1) kualitas pendidikan matematika di Indonesia masih tergolong rendah, (2) kegiatan pembelajaran di sekolah-sekolah pada umumnya masih terpusat pada guru, (3) kurikulum yang berlaku saat ini menghendaki agar dalam kegiatan pembelajaran menerapkan model pembelajaran kooperatif serta memanfaatkan Teknologi Informasi dan Komunikasi, dan (4) kesulitan siswa dalam mempelajari geometri khususnya mengenai bangun ruang dimensi tiga. Adapun tujuan utama penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD Interaktif dalam pembelajaran matematika materi pokok ruang dimensi tiga. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas X semester genap SMA Pertiwi Cilimus tahun pelajaran 2007/2008 yang terdiri dari lima kelas. Kemudian sebagai sampel dalam penelitian ini diambil dua kelas secara acak, satu kelas sebagai kelas eksperimen yang pembelajarannya menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD Interaktif dan satu kelas sebagai kelas kontrol yang kegiatan pembelajarannya secara konvensional. Sebelum melakukan penelitian, terlebih dahulu dilakukan uji beda rerata nilai raport semester ganjil tahun 2007/2008 dari dua kelas tersebut, dan diperoleh kesimpulan bahwa kedua kelas tersebut mempunyai kemampuan yang sama. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD interaktif, (1) dapat mencapai ketuntasan pada hasil belajar (keaktifan, keterampilan proses dan prestasi belajar), (2) keaktifan siswa dan keterampilan proses pada siswa, masing-masing berpengaruh positif terhadap prestasi belajar siswa, dan (3) dapat menjadikan prestasi belajar siswa pada kelas eksperimen berbeda dan lebih baik dari prestasi belajar siswa pada kelas kontrol. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dengan demikian, model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD Interaktif merupakan model pembelajaran yang efektif dalam pembelajaran matematika materi ruang dimensi tiga. Oleh karena itu disarankan kepada guru matematika SMA untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan CD Interaktif tidak saja pada materi ruang dimensi tiga tetapi pada materi-materi lain dalam pelajaran matematika.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD, Berbantuan CD Interaktif, Pembelajaran Matematika Materi Ruang Dimensi Tiga SMA Kelas X
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2013 21:30
    Last Modified: 22 May 2013 21:30

    Actions (login required)

    View Item