EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MARTIN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR KELAS X

Wiyarna, 4101506038 (2008) EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MARTIN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR KELAS X. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MATEMATIKA DENGAN STRATEGI MARTIN PADA MATERI SISTEM PERSAMAAN LINEAR KELAS X) - Published Version
Download (1339Kb)

    Abstract

    . 2008. Kelas X. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika. Program Pascasarjana, Universitas Negeri Semarang. Pembimbing: I. Dr. St. Budi Waluyo, M.Si., II. Dr. Tri Jaka Kartana, M.Si. Hasil belajar matematika siswa masih rendah, karena guru masih menggunakan metode konvensional dalam pembelajaran. Guru belum menggunakan strategi pembelajaran yang dapat menarik minat dan menyenangkan siswa. Guru masih mendominasi dalam kegiatan pembelajaran.Guru harus dapat mengubah matematika menjadi mata pelajaran yang menarik dan menyenangkan. Dalam penelitian ini dipilih strategi pembelajaran MARTIN (Menyenangkan Aktif Realistik Terstruktur dan Inovatif) dengan harapan dapat menciptakan suasana yang menyenangkan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui 1) pencapaian ketuntasan hasil belajar siswa yang diajar dengan menggunakan strategi pembelajaran MARTIN, 2) pengaruh dan seberapa besar pengaruh keaktifan siswa terhadap hasil belajar matematika, 3) pengaruh dan seberapa besar pengaruh ketrampilan ber proses terhadap hasil belajar matematika, 4) pengaruh dan seberapa besar pengaruh keaktifan dan ketrampilan berproses terhadap hasil belajar matematika, dan perbedaan hasil belajar antara siswa yang diajar dengan strategi pembelajaran MARTIN dengan metode ekspositori . Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Nopember sampai dengan bulan Desember 2007 di SMA Negeri 5 Kota Tegal tahun pelajaran 2007/2008. Metode penelitian yang digunakan adalah eksperimen. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik cluster random sampling dan didapat sampel kelas X-1 sebanyak 40 siswa dan kelas X-3 sebanyak 40 siswa. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah keaktifan siswa (X1) dan ketrampilan berproses siswa (X2), sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar (Y). Analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan analisis uji satu variabel, regresi sederhana, regresi ganda, dan uji beda dua variabel. Dari analisis data diperoleh 1) hasil belajar, keaktifan siswa, ketrampilan berproses siswa dengan menggunakan strategi pembelajaran MARTIN mencapai tuntas belajar, 2) keaktifan siswa yang ditumbuhkan dalam pembelajaran MARTIN mempengaruhi hasil belajar sebesar 85,7%; 3) ketrampilan berproses siswa yang ditumbuhkan dalam pembelajaran MARTIN mempengaruhi hasil belajar sebesar 86,9%; 4) keaktifan dan ketrampilan berproses siswa yang ditumbuhkan dalam pembelajaran MARTIN mempengaruhi hasil belajar sebesar 89,9%; 5) terdapat perbedaan yang signifikan antara siswa yang diajar dengan pembelajaran MARTIN dengan siswa yang diajar dengan metode ekspositori.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran Matematika, Strategi MARTIN,Sistem Persamaan Linear
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2013 21:25
    Last Modified: 22 May 2013 21:25

    Actions (login required)

    View Item