KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERNUANSA JIGSAW BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV SD

Pitadjeng, 4101506006 (2008) KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERNUANSA JIGSAW BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV SD. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (KEEFEKTIFAN PEMBELAJARAN BERBASIS MASALAH (PBM) BERNUANSA JIGSAW BERBANTUAN CD PEMBELAJARAN PADA PENJUMLAHAN PECAHAN DI KELAS IV SD) - Published Version
Download (1215Kb)

    Abstract

    . 2008. Keefektifan Pembelajaran Berbasis Masalah (PBM) Bernuansa Jigsaw Berbantuan CD Pembelajaran pada Penjumlahan Pecahan di Kelas IV SD. Tesis. Program Studi Pendidikan Matematika Pascasarjana Universitas Negeri Semarang. Pembimbing I: Prof. Dr. Sri Mulyani ES, M. Pd., Pembimbing II: Dra. Nur Karomah D, M. Si. Pembelajaran pecahan khususnya operasi pecahan di SD selama ini belum dapat memberikan hasil belajar yang optimal. Diharapkan dengan PBM bernuansa Jigsaw berbantuan CD Pembelajaran proses belajar siswa meningkat dan hasil belajarnya menjadi optimal. Tujuan penelitian ini adalah untuk menyelidiki keefektifan model pembelajaran PBM bernuansa Jigsaw berbantuan CD Pembelajaran (Model I) dan PBM bernuansa Jigsaw (Model II). Pada penelitian ini model pembelajaran disebut efektif jika (1) prestasi belajar siswa mencapai standar KKM 65, (2) prestasi, aktivitas, kreatifitas, dan sikap siswa dari model pembelajaran lebih tinggi dari konvensional, dan (3) ada pengaruh aktivitas, kreatifitas, dan sikap terhadap prestasi siswa dari model pembelajaran. Rumusan masalah: (1) apakah prestasi belajar dari kedua model pembelajaran yang diteliti mencapai ketuntasan > 65? (2) apakah ada perbedaan prestasi, aktivitas, kreatifitas, dan sikap siswa dari ketiga model pembelajaran? (3) apakah ada pengaruh kreatifitas, aktifitas, dan sikap terhadap prestasi dari kedua model pembelajaran yang diteliti? Populasi penelitian: siswa kelas IV dari SD-SD Kampus di Kota Semarang yang mempunyai lab komputer. Sampel penelitian: 3 dari 4 kelas IV di SD Koalisi Nasional 01, 03, 07 Ngaliyan Semarang. Pemilihan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan random sampling (undian kelas). Pengambilan data melalui eksperimen. Kelas eksperimen pertama (E1) dengan Model I, kelas eksperimen kedua (E2) dengan Model II, dan kelas kontrol dengan konvensional. Cara pengumpulan data: tes, pengamatan, dan angket. Analisis data: uji banding one-way anava yang dilanjutkan dengan HSD0,05 Sceffe serta analisis regresi linear ganda. Variabel penelitian: prestasi belajar, aktivitas, kreatifitas, dan sikap siswa. Hipotesis penelitian: (1) Prestasi belajar dari kedua model pembelajaran yang diteliti mencapai ketuntasan > 65. (2) Ada perbedaan prestasi, aktivitas, kreatifitas, dan sikap siswa dari ketiga model pembelajaran. (3) Ada pengaruh kreatifitas, aktifitas, dan sikap terhadap prestasi belajar dari Model I dan dari Model II. Hasil penelitian: (1) prestasi belajar dari Model I mencapai ketuntasan > 65, (2) prestasi belajar dari Model II mencapai ketuntasan = 65, (3) ada pengaruh kreatifitas, aktifitas, dan sikap siswa terhadap prestasi belajar dari Model I sebesar 40,3% dan dari Model II sebesar 58,7%. Kesimpulan penelitian: (1) Model I merupakan model pembelajaran yang sangat efektif, (2) Model II merupakan model pembelajaran yang efektif. Saran: (1) para guru SD sebaiknya menggunakan Model I pada pembelajarannya, (2) bagi sekolah yang belum mempunyai lab computer atau CD pembelajaran dapat menggunakan Model II.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: keefektifan, pembelajaran berbasis masalah, jigsaw, CD pembelajaran.
    Subjects: Q Science > QA Mathematics
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan Matematika, S2
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 22 May 2013 21:15
    Last Modified: 22 May 2013 21:15

    Actions (login required)

    View Item