MODEL WEBBED DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI MADRASYAH TSANAWIYAH


Windarti, 4001506033 (2008) MODEL WEBBED DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI MADRASYAH TSANAWIYAH. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[thumbnail of MODEL WEBBED DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI MADRASYAH TSANAWIYAH]
Preview
PDF (MODEL WEBBED DALAM PEMBELAJARAN IPA TERPADU DI MADRASYAH TSANAWIYAH) - Published Version
Download (923kB) | Preview

Abstract

Ilmu pengetahuan alam merupakan bagian dari sains yang dipelajari di sekolah yang mencakup fisika, biologi dan kimia, dengan tujuan agar siswa memiliki konsep IPA dan keterkaitannya dengan kehidupan dan mampu menggunakan teknologi sederhana untuk memecahkan masalah yang ditemukan dalam kehidupan sehari-hari.Untuk mengoptimalisasikan hasil pembelajaran IPA yang mengarah pada pemahaman konsep-konsep dasar, perlu adanya pembelajaran IPA terpadu. Salah satu model pembelajaran Ipa terpadu adalah model webbed, dengan model ini diharapkan pemahaman siswa, serta kebulatan pandangan tentang kehidupan, dunia nyata dan fenomena alam dapat terwujud. Penelitian ini dilakukan melalui dua tahap, yaitu tahap pengembangan perangkat pembelajaran dan tahap implementasi perangkat pembelajaran, yang dilakukan pada siswa kelas VIII Madrasah Tsanawiyah Negeri Cirebon II tahun ajaran 2007/2008. Pada tahap pengembangan perangkat mengadopsi model Kemp, meliputi; Instructional Problems, Learner Characteristics, Task Analysis, Instructional Objectives, Content Sequencing, Instructional Strategies, Instructional Delivery, Evalution Instrumens, dan Instructional Resources. Tahap Implementsi perangkat pembelajaran dilakukan pada uji coba I dan Uji Coba II, untuk memperoleh motivasi, aktivitas dan hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa motivasi siswa 32,22 % sangat baik, 59,17 % baik dan 6,82 % kurang baik. Aktivitas siswa 86 % baik dan 14 % kurang baik, dengan rata-rata reliabilitas keaktivan siswa sebesar 82.15 %. Sedangkan ketuntasan hasil belajar siswa secara individu dan klasikal sebesar 86% dengan standar ketuntasan 75 % . Berdasarkan analisis data penelitian dapat disimpulkan, tercapainya keaktivan siswa, motivasi siswa dan ketuntasan hasil belajar dalam penelitian ini kualitas pembelajaran pada penggunaan model webbed dalam pembelajaran IPA terpadu di Madrasah Tsanawiyah pada tema gangguan pernafasan dan tekanan udara meningkatkan.

Item Type: Thesis (Masters)
Uncontrolled Keywords: Model Webbed, IPA terpadu
Subjects: Q Science > Q Science (General)
Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
Depositing User: budi Budi santoso perpustakaan
Date Deposited: 22 May 2013 08:16
Last Modified: 22 May 2013 08:16
URI: http://lib.unnes.ac.id/id/eprint/16793

Actions (login required)

View Item View Item