EFEKTIVITAS TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMA

Ria Yulia Gloria, 4001506027 (2008) EFEKTIVITAS TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMA. Masters thesis, Universitas Negeri Semarang.

[img]
Preview
PDF (EFEKTIVITAS TEKNIK PROBING DALAM PEMBELAJARAN BIOLOGI UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PADA SISWA SMA) - Published Version
Download (1875Kb)

    Abstract

    Penelitian ini berjudul “Efektivitas Teknik Probing dalam Pembelajaran Biologi untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa SMA. Tujuannya (1) untuk mengetahui efektivitas teknik probing pada pembelajaran Biologi di SMA, (2) untuk mengetahui persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik probing, (3) untuk mengetahui persepsi guru terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik probing. Desainnya adalah Penelitian eksperimen, dengan sampel penelitian adalah kelas XI IPA sebanyak dua kelas yang diambil dengan cara cluster random sampling, satu kelas diambil 35 siswa dengan cara random sampling. Waktu penelitian dilakukan pada bulan Februari sampai dengan Maret 2008. Materi yang disajikannya adalah Sistem Koordinasi, dengan variabel yang diteliti dan metode pengumpulan datanya sebagai berikut : (1) langkah-langkah pelaksanaan teknik probing, (2) kemampuan peserta menjawab benar pertanyaan yang didasarkan pada tingkatan berpikir, dikaji melalui observasi; (3) Tes Hasil Belajar (4) Persepsi siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik probing dan (5) persepsi guru terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik probing. Berdasarkan analisis hasil dan pembahasan penelitian tentang pembelajaran dengan menggunakan teknik probing, maka dapat disimpulkan sebagai berikut, (1) pembelajaran dengan menggunakan teknik probing lebih efektif dibandingkan dengan pembelajaran biasa, (2) tanggapan siswa terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik probing umumnya positif, siswa merasa pembelajaran menjadi lebih menarik, kemampuan berpikir siswa menjadi lebih terlatih dengan menjawab pertanyaan dari guru, (3) tanggapan guru sangat baik terhadap pembelajaran dengan menggunakan teknik probing, guru merasa senang membimbing siswa menjadi lebih meningkatkan kemampuan berpikirnya dengan pertanyaan yang sesuai dengan tingkatan kemampuan berpikir. Dalam penelitian ini terungkap bahwa penggunaan teknik probing dalam proses pembelajaran efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada materi sistem koordinasi. Suasana yang diciptakan dalam proses pembelajaran sangat mendukung proses belajar yang lebih menekankan aktivitas siswa, baik dalam kegiatan maupun dalam menjawab pertanyaan guru. Sehingga sebagai saran kondisi seperti ini akan lebih baik bila guru dapat menerapkan dalam pembelajaran topik atau pokok bahasan yang lain. Pengetahuan guru tentang teknik probing perlu diimplementasikan dalam bentuk kegiatan pembelajaran secara nyata mulai dari perencanaan sampai evaluasi pengajaran. Dengan demikian penekanan pertanyaan guru dalam proses pembelajaran merupakan bagian yang tidak dapat dipisahkan dari proses pembelajaran, atau dengan kata lain guru perlu menggunakan teknik probing dalam setiap proses pembelajaran.

    Item Type: Thesis (Masters)
    Uncontrolled Keywords: Teknik probing, kemampuan berpikir, sistem koordinasi
    Subjects: Q Science > QH Natural history > QH301 Biology
    Fakultas: Pasca Sarjana > Pendidikan IPA, S2
    Depositing User: budi santoso perpustakaan
    Date Deposited: 21 May 2013 04:23
    Last Modified: 21 May 2013 04:23

    Actions (login required)

    View Item